16 September 2016

Konsultan Seo Dan Sem Digital Marketing Page One

Saya hanya seorang pegiat seo & sem berprofesi selaku pengacara - konsultan hukum Indonesia page one yang beralamat dan berkantor di Kota Medan yang turut serta melakukan strukturisasi pengembangan website – blog resmi “Kantor Hukum Advokat Silaen & Associates” di dunia maya, dengan menggunakan rekayasa seo dan sem melalui penggunaan kata kunci/keyword dalam menunjang era digital marketing kantor hukum/law office modern di mesin dan halaman google.

Konsultan SEO dan Konsultasi SEM Produk - Barang Era Digital Marketing di Page One Google

Memang dewasa ini, fenomena pengembangan web atau blog dengan memilih search engine optimization dan search engine marketing bukan merupakan teknik dan strategi baru, dimana hal ini telah populer dan lazim dipakai untuk mempromosikan atau mempopulerkan sebuah website resmi berikut dengan produk/barang hasil produksinya kepada audiens di dunia internet dengan memanfaatkan era digitalisasi terbarukan dan kekinian yang terus berkembang.

Fakta dan atau bukti nyata bahwa telah banyak turunan produk/barang maupun layanan jasa yang dihasilkan oleh sebuah web agar tercantum dan tercatat di halaman google, khususnya pada halaman pertama. Tentu saja semuanya tidak terlepas dari sentuhan dari tangan-tangan profesional yang berkecimpung di dunia konsultan seo dan sem page one.

Seiring tingginya tingkat permintaan untuk memaksimalkan web/blog agar muncul di hasil pencarian mesin pencari google, tak ayal lagi melahirkan para konsultan seo dan praktisi sem yang sangat energik dan smart dalam bidang pemanfaatan “seo & sem”, sehingga hasrat dan keinginan agar nantinya dapat dengan mudah masuk ke halaman pertama google dapat terwujud seketika. Meskipun secara kasat mata setiap harinya selalu bertambah jumlah website atau blog personal profesional yang on-air secara signifikan. Dengan kata lain, hal ini menciptakan tingkat persaingan antar sesama web/blog dan produk/barang hasil produksinya akan semakin ketat pula.

Lalu, berapa harga atau tarif yang ditetapkan oleh para konsultan seo & sem? Mengenai tarif – harga yang ditentukan oleh konsultan seo & sem tentu saja sangat bervariatif, tergantung pada tingkat kesulitan dan atau keyword yang menjadi target untuk dimunculkan pada halaman pertama google. Oleh karenanya, bila ingin mengetahui secara pasti, tidak ada salahnya menanyakan langsung kepada para penyedia jasa konsultan seo & sem yang hendak anda pakai. Mengenai masalah harga ini sangat penting untuk diketahui, agar anggaran (budget) dapat dipersiapkan sebelumnya dalam anggaran pengeluaran anda.

Secara faktual di pusat penyimpanan data SERP http://www.google.com/ maupun http://google.co.id/ di kuartal IV tahun 2016 ini, telah banyak tercatat dan terlist sederetan daftar nama para konsultan seo dan sem yang bersedia memberikan tenaga, pikiran dan kemampuannya dalam praktek - praktik pengembangan laman tempat beraneka ragam bisnis online ataupun toko online secara digital pada media-media online yang ada saat ini. Tentu saja, para konsultan seo dan pemberi konsultasi sem yang tercatat tersebut, ada yang berusia tua atau dianggap telah senior dan ada yang berusia muda atau sering disebut dengan junior, yang mana masing-masing telah menunjukkan bakat, kemampuan dan jati dirinya untuk berlomba-lomba mempopulerkan sebuah web bisnis online atau laman toko online dihadapan mesin pencari google.

Apa itu konsultan?
Sebelum kami melanjutkan pokok bahasan ini, terlebih dahulu akan dijelaskan apa arti, definisi atau pengertian dari konsultan tersebut. Secara umum, arti atau definisi dari konsultan adalah => “seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy services) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya: bidang hukum, kecantikan, pertanian, keuangan, kesehatan, perkebunan, pertambangan, perburuhan, lingkungan, pajak, akuntansi, properti, koperasi, manajemen, dan lain sebagainya)”, atau bisa juga pengertian konsultan adalah => “ahli yang tugasnya memberi petunjuk, nasihat, atau pertimbangan dalam suatu kegiatan tertentu, misalnya: kegiatan dagang, penelitian, dan lain sebagainya)”. Nah, beranjak dari arti, definisi atau pengertian konsultan diatas, bila dikaitkan dengan search engine optimization dan search engine marketing, maka “konsultan seo” adalah => “seorang tenaga profesional dibidang seo yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy services) dalam bidang keahlian seo web/blog agar artikel/tulisan maupun produk/barang tertentu bisa muncul di halaman satu google dengan sistem penanaman kata kunci tertentu”. Sedangkan “konsultan sem” adalah => “seorang tenaga profesional dibidang sem yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy services) dalam bidang keahlian sem web/blog agar artikel/tulisan maupun produk/barang atau jasa tertentu bisa muncul di halaman satu google dengan sistem penanaman kata kunci tertentu, sehingga konversi penjualan atau permintaan atas produk/barang atau jasa yang ditawarkan menjadi lebih meningkat”. Itulah kira-kira pendapat kami tentang arti, defenisi atau pengertian tentang konsultan seo dan/atau konsultan sem.

Lalu bagaimana cara seorang konsultan sem & sem itu bekerja? Ya, tentu saja dengan memberikan berbagai advis-advis yang berkenaan dengan peningkatan mutu suatu web/blog, toko online dan bisnis online di page one, misalnya dengan berkomunikasi secara intens tentang perkembangan dan strategi pengembangan web/blog, membuka waktu dan ruang untuk konsultasi tentang seo & sem secara berkala, langkah apa saja yang harus dilakukan oleh pemilik web/blog, bisnis online atau toko online dalam memasarkan produk/barang atau jasanya di internet, dlsb.

Kalau dicermati lagi, bahwa baik konsultan seo maupun konsultan sem ada persamaan yang mencolok, yaitu: sama-sama mengincar posisi berada di halaman pertama google. Mengapa? Karena bila sebuah web/blog atau produk/barang/jasa bisa tampil di halaman satu google, maka web/blog bisnis online atau toko online berpeluang besar akan dikunjungi oleh para visitor dari seluruh penjuru dunia disebabkan terlihat atau terbaca para pengguna internet. Itulah alasannya, sehingga dewasa ini banyak para pemilik web/blog personal, bisnis online dan toko online yang menggunakan tenaga para konsultan seo & sem untuk memaksimalkan daya saingnya menuju ke halaman satu google.

Namun, baik seo maupun sem mempunyai perbedaan yang sangat krusial, dimana seo lebih mengutamakan agar lalu lintas trafik pengunjung web/blog menjadi lebih ramai, sementara target sem adalah lebih mengutamakan tingginya tingkat pembelian atau penjualan produk/barang yang diproduksi oleh toko online atau web bisnis online. Singkatnya, seo capaiannya => target trafik; sem capaiannya => target trafik & konversi.

Kalau kita intip halaman pertama google, maka akan ditemukan orang-orang yang berprofesi selaku penyedia jasa konsultan seo & jasa konsultasi sem. Apakah ini merupakan kamuflase yang dilakukan oleh orang yang secara khusus mengoptimasi keyword => “konsultan seo & sem” maupun “konsultasi seo & sem” agar bisa tampil atau masuk ke halaman pertama google. Atau memang benar yang ada dipage one tersebut adalah orang-orang yang patut dan layak menyandang gelar para “konsultan seo” atau para “konsultan sem”. Namun, apapun alasan atau latar belakangnya, namun intinya adalah untuk meningkatkan popularitas dan atau mendapatkan trafik pengunjung yang lebih banyak lagi menuju ke web/blog utamanya.

Terlepas dari maksud dan tujuannya, setelah kami analisa lebih lanjut bahwa satu hal yang menggembirakan, ternyata keyword konsultan seo atau kata kunci konsultan sem tersebut, saat ini telah menjadi rebutan yang cukup serius bagi para master seo – ahli sem ataupun praktisi seo dan pakar sem Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya masing-masing dalam rangka memperebutkan trafik pengunjung yang akan datang atau singgah ke web-blog miliknya. Dengan kata lain, keyword ini mempunyai makna tersendiri bagi beberapa orang ahli search engine marketing dan atau pakar search engine optimization, sehingga sangat wajar menjadi target untuk segera ditaklukkan. Ya, semacam prestise gitulah.

Sebenarnya, untuk menjadi konsultan seo & sem tidak ada batasan umur, artinya bisa dilakukan oleh seoners muda maupun semners tua, yang terpenting adalah keahlian atau kemampuan yang dimilikinya. Perbedaan yang mencolok hanya sebatas mengenai usia atau umur saja, meskipun didunia maya sendiri tidak ada batasan umur untuk menyatakan seseorang itu kategori muda atau tua adalah masih “sumir” (tidak jelas). Tapi untuk memberikan gambarannya, kami akan jelaskan arti dan pengertiannya sebagaimana dibawah ini:

Arti dan Pengertian Pakar Seo & Sem Termuda
Secara umum, arti maupun pengertian pakar seo & sem termuda dapat diasumsikan sebagai orang yang memiliki kemampuan atau keahlian tertentu di dunia search engine optimization dan search engine marketing web-blog yang usianya masih berkategori muda (masih usia remaja dan belia) atau bukan orang tua. Asumsi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat Indonesia, bahwa biasanya yang menjadi pakar seo & sem ataupun ahli seo & sem itu adalah diidentikkan dengan orang yang sudah berusia tua atau lanjut, sehingga untuk menepis dan anti tesis image ini, maka dimunculkanlah pendapat bahwa ada juga pakar seo & sem termuda, ahli seo & sem usia muda, master seo & sem termuda, praktisi seo & sem termuda, konsultan seo & sem termuda, cikgu seo & sem termuda, maestro seo & sem termuda, pendekar seo & sem termuda, pendekar seo & sem, jasa konsultasi seo & sem, dan lain sebagainya.

Kehadiran seo’ners dan sem’ners termuda ini di Indonesia, tidak terlepas dari trik-trik atau tips yang dimainkan oleh orang-orang yang mumpuni dibidang dunia seo & sem. Kalau boleh dikatakan bahwa trik seo & sem adalah identik dengan seni memanipulasi hasil kinerja hasil pencarian mesin pencari (search engine). Tapi, memanipulasi maksudnya jangan dimaknai sebagai tindakan atau perbuatan yang curang atau mencurangi mesin pencari. Kok memanipulasi mesin pencari? Karena prinsipnya, dengan memaksimalkan kinerja search engine optimization atau search engine marketing, maka anda bisa memanfaatkan atau membuat laman sebuah web-blog muncul di halaman satu google dengan menggunakan kata kunci tertentu atau keyword apa saja.

Karena pada prinsipnya antara seo & sem adalah sama-sama menargetkan agar selalu muncul dihalaman pertama google, sehingga teknik sem yang dikembangkan saat ini adalah eksplorasi dan modifikasi pengembangan teknik seo yang secara khusus digunakan untuk bisnis online atau toko online agar semakin bersahabat dengan mesin pencarian.

Pembagian SEO
Dalam literatur dan juga tutorial yang mempelajari dan mengupas tuntas tentang SEO, SEO dibagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu => SEO ONPAGE dan SEO OFFPAGE.

1. SEO ONPAGE
Inti dari seo onpage ini adalah serangkaian tindakan pengoptimalisasian laman dari dalam laman itu sendiri agar mendapatkan peringkat yang lebih maksimal lagi pada hasil pencarian search engine google. Optimalisasi yang dilakukan pada seo onpage ini adalah meliputi => a) konten-konten (baik berupa konten tulisan, konten gambar maupun konten dalam bentuk video), b) meta tag, c) kecepatan akses, d) struktur website/blog, e) internal link, f) eksternal link, g) dan gambar yang menghiasi laman.

Untuk konten => pastikan konten-konten artikel/tulisan yang anda buat di web-blog adalah yang berkualitas dan sangat bermanfaat bagi banyak orang (khususnya para pengguna internet). Pastikan bahwa artikel yang anda bikin tersebut adalah merupakan hasil ketikan sendiri (bukan merupakan hasil copy paste) dengan tetap memperhatikan atau mempertimbangkan panjang artikel yang anda tulis tersebut. Ingat, kecenderungan algoritma google yang berkembang di tahun 2016 ini, kurang menyukai konten-konten artikel yang pendek dan cenderung lebih memprioritaskan laman yang berisi konten berkualitas untuk menampilkannya dihalaman pertama.

Untuk meta tag => bahwa kegunaan dari meta tag ini adalah untuk memudahkan google mengindex web-situs anda, dimana yang masuk dalam kategori meta tag adalah => meta deskripsi, rel=”cannonical”, title tag, url rss feed, dan beberapa jenis meta tag lainnya yang dimengerti dan dapat dibaca oleh google.

Untuk kecepatan akses => bahwa pada prinsipnya, semakin cepat akses laman dimuat, maka semakin baik dan sayang pulalah dipandang google terhadap laman tersebut. Disamping itu, pengunjung juga akan menyukai situs anda, karena blog yang sangat lama, berat atau lemot diakses sangat tidak disukai dan tentu saja akan sangat sulit mendapatkan posisi yang terbaik di mata mesin pencari google.

Untuk struktur website/blog => pastikan bahwa laman milik anda mempunyai struktur kode data yang mudah dipahami dan dimengerti oleh google. Artinya, bahwa struktur data berupa script di web-blog anda diusahakan agar mudah dipahami oleh google, ketika melakukan penjelajahan data-data yang termuat di seluruh isi laman anda. Karena itu, agar secara berkala melakukan pengecekan apakah struktur kode data web-blog anda sudah benar, khususnya dengan memanfaatkan fasilitas “structured data testing tool” yang disediakan dalam “webmaster tools google”. Seandainya terdapat kesalahan atau error/broken berarti ada kode data yang tidak dimengerti oleh google, sehingga wajib untuk diperbaiki.

Untuk internal link => maksudnya adalah link dalam artikel/tulisan kita sendiri yang menuju ke link lain yang ada dalam laman kita sendiri. Jadi pemaknaan internal link mengutamakan keterkaitan atau adanya hubungan antara artikel/tulisan yang satu dengan yang lainnya. Misalnya kita membuat postingan artikel yang membahas tentang ruang lingkup tentang pekerjaan orang-orang yang berprofesi sebagai pengacara, maka dapat dibuatkan internal link-nya yang berhubungan, misalnya tetang apa arti, definisi atau pengertian tentang pengacara, maka dapat dihubungkan dengan alamat link “apa itu pengacara”, atau seperti tulisan ini yang membahas tentang siapa dan bagaimana kredibilitas seorang konsultan seo & sem muda yang membuka layanan penyediaan jasa seo & sem terbaik di Indonesia, maka dapat diteruskan internal link-nya terhadap “jasa seo terbaik Indonesia”, dan lain sebagainya. Bila ada beberapa internal link yang termaktub di dalam sebuah artikel/tulisan yang hendak diposting, maka hal ini akan dimaknai google secara lebih baik lagi sebagai sebuah artikel/tulisan yang bermakna penting.

Untuk eksternal link => secara prinsip bahwa kinerja eksternal link hampir sama dengan internal link, cuma bedanya link yang dituju oleh eksternal link adalah berada diluar link yang ada dalam laman kita, artinya tertuju pada link di situs luar yang masih mempunyai hubungan dengan artikel/tulisan yang sedang kita bahas. Fungsinya adalah untuk memberitahukan kepada mesin pencari google tentang adanya keterkaitan atau hubungan antar link tersebut dengan artikel yang termuat dalam web-blog kita. Ingat, penggunaan eksternal link ini juga jangan terlalu banyak, perkiraannya cukup hanya 2-3 link saja yang terpenting masih relevan dengan tulisan yang sedang dibahas.

Untuk gambar => gambar yang kami maksudkan disini adalah gambar yang dibuat sebagai pelengkap yang menghiasi setiap artikel/tulisan yang akan anda posting. Dengan adanya gambar ini, maka google akan cenderung memaknai artikel/tulisan yang anda buat adalah sangat penting, sehingga layak untuk dipercayai dan merupakan artikel yang benar-benar sangat bermanfaat bagi banyak pengguna internet. Disamping itu juga, dengan adanya gambar ini maka sedikit banyaknya akan menambah daya tarik tersendiri bagi artikel yang anda tulis dan memuat pengunjung tidak bosan atau bete melihat ataupun membacanya.

2. SEO OFFPAGE
Seo offpage ini sering dimaknai oleh master seo dan atau pakar sem maupun konsultan seo & sem sebagai serangkaian optimalisasi seo dengan mencari dan atau mengumpulkan backlink yang menuju ke web-blog milik kita, misalnya backlink dari media sosial, seperti facebook, twitter, instagram, forum komunitas sharing, direktori, dlsb. Jika sebuah laman atau situs mendapatnya banyak backlink yang berkualitas (dari laman yang terpercaya), PR alexa yang ramping, PA dan DA tinggi, serta juga mendapatkan backlink dari sharing yang dilakukan di media jejaring sosial yang banyak, maka google akan memaknai artikel/tulisan yang anda buat tersebut secara positif dan dipandang akan banyak memberikan manfaat bagi banyak orang, sehingga sangat layak untuk dimasukkan dalam hasil penelusuran mesin pencari google.

Sebenarnya, masih banyak lagi pembahasan mengenai seo onpage & seo offpage, dimana search engine optimization juga search engine marketing mencakup aspek yang lebih luas lagi dari apa yang kami uraikan diatas, namun hanya itu saja yang dapat kami jelaskan, karena saya bukanlah pakar/ahli/master seo & sem Indonesia atau “ahli seo di Indonesia” maupun “pakar seo rank 1 di Indonesia”, melainkan saya hanyalah seorang yang berprofesi sebagai advokat, pengacara, lawyer dan juga konsultan hukum yang berada dan berkantor di Kota Medan. Semoga tulisan kami yang membahas tentang siapa dan bagaimana energiknya konsultan seo dan sem di era digital marketing modern di Indonesia dapat bermanfaat bagi anda yang menggemari seo & sem atau yang sedang melakukan pekerjaan optimasi seo & sem web-blog bisnis online atau toko online anda menuju page one. Bagi anda yang berminat untuk pasang iklan atau memasang web banner disarankan untuk menuju laman “divisi iklan” yang memuat seluruh syarat & ketentuan, dan cara, berikut dengan harga/tarif yang kami tetapkan per-bulan untuk penghargaan jasa memasang iklan dan atau banner di website/blog resmi http://advokat-silaen-associates.blogspot.com/ ini. Atas perhatiannya yang telah berkunjung ke web/blog ini, diucapkan terima kasih. Salam hangat Advokat Indonesia. Terima kasih (Silaen, 15/09/2016 : 20.35 WIBB).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....