11 September 2016

Siapakah Pakar Seo Termuda Yang Energik

Mengamati geliat generasi muda seo energik, memunculnya tanya siapakah pakar seo termuda yang energik di Indonesia atau siapakah ahli seo termuda di Indonesia? Karena akhir-akhir ini, fenomena lahirnya anak-anak muda energik yang paham dunia pemanfaatan “search engine optimization” hingga bisa dengan gampang masuk halaman pertama google. Buktinya, bertambahnya jumlah website atau blog personal secara signifikan adalah tidak terlepas dari peran anak muda yang mempunyai tangan-tangan terampil memaksimalkan kinerja sebuah web-blog dimata mesin pencari, sehingga bisa unggul bersaing dengan web-blog lainnya.

Pakar - Konsultan - Ahli - Master - Praktiksi SEO Termuda Dan Energik Di Indonesia

Secara faktual di SERP google.com maupun google.co.id tahun 2016 ini, memang akhir-akhir ini banyak tercatat pakar seo termuda ataupun ahli seo termuda yang wara-wiri di halaman pertama google, apakah memang benar dilakukan oleh orang-orang muda atau hanya merupakan kamuflase yang dilakukan oleh orang yang bukan berusia muda, misalnya dengan secara khusus mengoptimasi keyword => “pakar seo termuda” maupun “ahli seo termuda” agar bisa tampil atau masuk ke halaman pertama google. Entah apa alasan atau latar belakangnya, namun tentu saja intinya untuk meningkatkan popularitas dan atau mendapatkan trafik pengunjung yang lebih banyak lagi. Benarkan?

Tapi terlepas dari tujuannya, satu hal yang menggembirakan bahwa ternyata keyword tersebut saat ini menjadi rebutan para master seo ataupun praktisi seo untuk menunjukkan kemampuannya masing-masing dalam rangka memperebutkan beberapa trafik pengunjung yang akan datang singgah ke web-blog miliknya. Dengan kata lain, keyword ini mempunyai makna tersendiri bagi beberapa orang ahli seo dan atau pakar search engine optimization, sehingga sangat wajar menjadi target untuk segera ditundukkan.

Sebenarnya, baik pakar seo termuda ataupun pakar seo tertua perbedaan yang mencolok hanya mengenai usia atau umur saja, meskipun didunia maya batasan umur untuk menyatakan seseorang itu kategori muda atau tua adalah masih “sumir” (tidak jelas).

Arti dan Pengertian Pakar Seo Termuda
Secara umum, arti maupun pengertian pakar seo termuda dapat diasumsikan sebagai orang yang memiliki kemampuan atau keahlian tertentu di dunia search engine optimization web-blog yang usianya masih berkategori muda (masih usia remaja) atau bukan orang tua. Asumsi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat Indonesia, bahwa biasanya yang menjadi pakar seo ataupun ahli seo itu adalah diidentikkan dengan orang yang sudah berusia tua, sehingga untuk menepis dan anti tesis ini, maka dimunculkanlah pendapat bahwa ada juga pakar seo termuda, ahli seo termuda, master seo termuda, praktisi seo termuda, konsultan seo termuda, cikgu seo termuda, maestro seo termuda, pendekar seo termuda, dan lain sebagainya.

Kehadiran seoners-seoners termuda ini di Indonesia, tidak terlepas dari trik-trik atau tips yang dimainkan oleh orang-orang yang mumpuni dibidang dunia seo. Kalau boleh dikatakan bahwa trik seo adalah identik dengan seni memanipulasi hasil kinerja mesin pencari (search engine). Tapi, memanipulasi maksudnya jangan dimaknai sebagai tindakan atau perbuatan yang curang atau mencurangi mesin pencari. Kok memanipulasi mesin pencari? Karena prinsipnya, dengan memaksimalkan kinerja search engine optimization maka anda bisa memanfaatkan atau membuat laman sebuah web-blog muncul di halaman satu google dengan menggunakan kata kunci tertentu atau kata kunci apa saja.

Pembagian SEO
Dalam literatur dan juga tutorial yang mempelajari tentang SEO, SEO itu sendiri dibagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu => SEO ONPAGE dan SEO OFFPAGE.

1. SEO ONPAGE
Inti dari seo onpage ini adalah serangkaian tindakan pengoptimalisasian laman dari dalam laman itu sendiri agar mendapatkan peringkat yang lebih maksimal lagi pada hasil pencarian search engine google. Optimalisasi yang dilakukan pada seo onpage ini adalah meliputi => a) konten-konten (baik berupa konten tulisan, konten gambar maupun konten dalam bentuk video), b) meta tag, c) kecepatan akses, d) struktur website/blog, e) internal link, f) eksternal link, g) dan gambar yang menghiasi laman.

Untuk konten => pastikan konten-konten artikel/tulisan yang anda buat di web-blog adalah yang berkualitas dan sangat bermanfaat bagi banyak orang (khususnya para pengguna internet). Pastikan bahwa artikel yang anda bikin tersebut adalah merupakan hasil ketikan sendiri (bukan merupakan hasil copy paste) dengan tetap memperhatikan atau mempertimbangkan panjang artikel yang anda tulis tersebut. Ingat, kecenderungan algoritma google yang berkembang tahun 2016 kurang menyukai konten-konten artikel yang pendek dan cenderung lebih memprioritaskan laman yang berisi konten berkualitas untuk tampil dihalaman pertamanya.

Untuk meta tag => bahwa kegunaan dari meta tag ini adalah untuk memudahkan google mengindex web-situs anda, dimana yang masuk dalam kategori meta tag adalah => meta deskripsi, rel=cannonical, title tag, url rss feed, dan meta tag lainnya yang dimengerti dan dapat dibaca oleh google.

Untuk kecepatan akses => bahwa pada prinsipnya, semakin cepat akses laman dimuat, maka semakin baik dan sayang pulalah pandangan google terhadap laman tersebut. Disamping itu, pengunjung juga akan menyukai situs anda, karena blog yang sangat lama, berat atau lemot diakses sangat tidak disukai dan tentu saja akan sangat sulit mendapatkan posisi yang terbaik di mata mesin pencari google.

Untuk struktur website/blog => pastikan bahwa laman milik anda mempunyai struktur kode yang mudah dipahami dan dimengerti oleh google. Artinya, bahwa struktur data web-blog anda diusahakan agar mudah dipahami google ketika melakukan penjelajahan data-data yang termuat di laman. Karena itu, agar secara berkala melakukan pengecekan apakah struktur web-blog anda sudah benar, khususnya dengan memanfaatkan fasilitas “structured data testing tool” yang disediakan dalam “webmaster tools google”. Seandainya terdapat kesalahan atau error berarti ada kode data yang tidak dimengerti oleh google, sehingga wajib untuk diperbaiki.

Untuk internal link => maksudnya adalah link dalam artikel/tulisan kita sendiri yang menuju ke link lain yang ada dalam laman kita sendiri. Jadi pemaknaan internal link mengutamakan keterkaitan atau adanya hubungan antara artikel/tulisan yang satu dengan yang lainnya. Misalnya kita membuat postingan artikel yang membahas tentang ruang lingkup tentang pekerjaan pengacara, maka dapat dibuatkan internal link-nya yang berhubungan dengan link “apa itu pengacara”, atau seperti tulisan ini yang membahas tentang siapa pakar jasa seo termuda, maka dapat diteruskan internal link-nya terhadap “jasa seo terbaik”, dan lain sebagainya. Bila ada beberapa internal link yang termaktub di dalam sebuah artikel/tulisan yang hendak diposting, maka hal ini akan dimaknai google secara lebih baik lagi.

Untuk eksternal link => secara prinsip bahwa kerja eksternal link hampir sama dengan internal link, cuma bedanya link yang dituju oleh eksternal link adalah berada diluar link-link yang ada dalam laman kita, artinya tertuju pada link dari situs luar yang masih mempunyai hubungan dengan artikel/tulisan yang sedang kita bahas. Fungsinya adalah untuk memberitahu kepada mesin pencari google tentang adanya keterkaitan atau hubungan link tersebut dengan artikel yang termuat dalam web-blog kita. Ingat penggunaan eksternal link ini juga jangan terlalu banyak, perkiraannya cukup hanya 2-3 link saja yang terpenting masih relevan dengan tulisan yang sedang dibahas.

Untuk gambar => gambar yang kami maksudkan disini adalah sebagai pelengkap yang menghiasi setiap artikel/tulisan yang akan anda posting. Dengan adanya gambar ini, maka google akan cenderung memaknai artikel/tulisan yang anda buat adalah penting, sehingga layak untuk dipercayai dan merupakan artikel yang benar-benar sangat bermanfaat bagi banyak pengguna internet. Disamping itu juga, dengan adanya gambar ini maka sedikit banyaknya akan menambah daya tarik tersendiri bagi artikel yang anda tulis dan memuat pengunjung tidak bosan melihat ataupun membacanya.

2. SEO OFFPAGE
Seo offpage ini sering dimaknai oleh master seo dan atau pakar seo sebagai serangkaian optimalisasi seo dengan mencari dan atau mengumpulkan backlink yang menuju ke web-blog milik kita, misalnya backlink dari media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dlsb. Jika sebuah laman atau situs mendapatnya banyak backlink yang berkualitas (dari laman yang terpercaya), PR alexa yang ramping, PA dan DA tinggi, serta juga mendapatkan backlink dari sharing yang dilakukan di media jejaring sosial yang banyak, maka google akan memaknai artikel/tulisan yang anda buat tersebut secara positif dan dipandang banyak memberikan manfaat, sehingga sangat layak untuk dimasukkan dalam hasil penelusuran mesin pencari google.

Sebenarnya, masih banyak lagi pembahasan mengenai seo ini dan seo juga mencakup aspek yang lebih luas lagi dari apa yang kami uraikan diatas, namun hanya itu saja yang dapat kami jelaskan, karena saya bukanlah pakar seo termuda di Indonesia melainkan seorang advokat, pengacara, lawyer dan juga konsultan hukum yang berada di Kota Medan. Semoga tulisan kami yang membahas tentang siapakah pakar seo termuda yang energik ini bisa bermanfaat bagi anda yang menggemari seo atau yang sedang melakukan optimasi seo web-blog anda. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....