05 Oktober 2016

Cara Menjadi Pebisnis Online Terbaik Bidang Hukum Indonesia

Peluang menjadi pebisnis online bidang jasa hukum yang terbaik dan handal di Indonesia terbuka lebar bagi siapa saja, termasuk bagi anda yang berprofesi sebagai lawyer (advokat, pengacara publik maupun profesional, paralegal, attorney, konsultan hukum, dlsb). Mengapa? Hal tersebut disebabkan, perkembangan dunia teknologi informatika dan komunikasi online (“tik daring”) telah melahirkan berbagai inovasi bisnis online yang dapat dilakukan oleh siapa saja yang memahami dunia online secara komprehensif. Terjadinya perkembangan dibidang tik daring ini, khususnya yang terkoneksi langsung dengan sambungan GPRS pada internet global telah mengalami peningkatan yang sangat fantastis dan terkadang diluar logika berpikir. Perkembangan mana dapat dilihat adanya “expose” pengembangan jaringan 4Giga dan juga 5G yang terus dilakukan oleh banyak operator telekomunikasi terkemuka/ternama di Indonesia. Perkembangan ini juga diikuti dengan semakin banyak ditemukan alat komunikasi super praktis berupa smartphone canggih versi terbaru (seperti android, ipad, iphone, tablet, blackberry, dsb) yang menjadikan dunia internet online dapat kita gemgam dan terlihat seperti nyata meskipun dengan mempergunakan (1) satu tangan saja.

Cara Praktis Menjadi Pebisnis Online Terbaik di Bidang Jasa Layanan Hukum Oleh Kantor Pengacara Indonesia

Era perkembangan teknologi sebagaimana kami singgung diatas, sedikit banyaknya telah membawa angin segar bagi peningkatan kualitas, kuantitas maupun elektabilitas sebuah layanan yang mempergunakan media online berupa website, situs ataupun blog, khususnya hukum (baik layanan bidang jasa hukum privat maupun hukum publik).

Sebagaimana diketahui bahwa melalui penggunaan internet telah dimaknai sebagai gudangnya penyimpanan berbagai data maupun informasi apa saja yang berhubungan dengan kehidupan ataupun kebutuhan manusia. Lihat saja, begitu banyaknya website/situs/laman/blog yang memuat beragam informasi lawas maupun info terbaru yang dapat dipergunakan sebagai referensi teraktual untuk menjawab berbagai pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja dengan catatan bahwasanya pengoperasioan website dimaksud dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan kebutuhan atau peruntukkannya, sehingga akan mampu memberikan output yang berguna, khususnya dalam hal memberikan penghasilan kepada para pemiliknya (owner), seperti dapat menghasilkan uang tambahan (second income) yang lebih menjanjikan keuntungan dalam rangka membantu kebutuhan sehari-hari keluarga. Karena dengan adanya website dimaksud, sebuah pekerjaan dapat dilakukan atau dikerjakan dari rumah, serta tidak mengganggu waktu melakukan aktivitas pekerjaan utama. Disamping itu pekerjaan online ini dapat dilakukan sambil kumpul bersama dengan anggota keluarga yang lain. Pekerjaan online yang kami maksud adalah menjalankan bisnis online dari rumah dengan menggunakan medium online berupa sebuah website/situs/laman/blog.

Lalu, bagaimana caranya dan apa-apa saja yang harus dipersiapkan, jika ingin memulai pekerjaan pada bisnis online ini? Apalagi bila modal yang dimiliki adalah sedikit atau minim. Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas tentang beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membangun bisnis online sendiri tanpa harus mengeluarkan modal awal yang besar, yaitu berupa uang, serta tanpa mengganggu rutinitas melakukan pekerjaan utama (misalnya sebagai lawyer, attorney). Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Manfaatkan Pengalaman Milik Orang Sukses
Ada pepatah lawas mengatakan => bahwa pengalaman adalah guru paling baik, karena itu belajarlah dari pengalaman orang yang pernah merasakan, mengalami, atau pernah melakukan, jika ingin usaha/bisnis online yang hendak anda lakoni menjadi lebih sukses. Jadi, tidak ada salahnya bila kita mempelajari dan/atau mengetahui pengalaman-pengalaman pebisnis online yang pernah melakukan pekerjaan “seller online shop” di bisnis online ini. Biasanya dari adanya pengalaman tersebut, secara ditelaah secara detail akan kita temukan beberapa kekurangan yang bisa anda perbaiki dan atau juga di modifikasi sendiri untuk mendapatkan strategi yang lebih baik lagi dalam bisnis online miliki anda sendiri. Dengan kata lain, kata kunci (keyword)-nya adalah belajar mengamati dan menganalisa, serta membuat beberapa catatan kesimpulan atas berbagai studi kasus terhadap toko-toko online yang berhasil dan juga toko bisnis online mana yang tidak berhasil. Kami rasa para rekan pemerhati bisnis online tidak akan sulit untuk memahami dan atau belajar menelaah keuntungan atau kerugian dari cara atau teknik yang dipergunakan dalam menjalankan bisnis online sebagaimana dimaksudkan diatas.

2. Selalu Melakukan Riset Terupdate
Dalam melakukan bisnis online, melakukan riset yang komprehensif adalah sesuatu hal yang harus dilakukan terlebih dahulu, agar bisnis yang hendak dilaksanakan tidak sepi dari pengunjung atau pembeli. Riset ini berfungsi agar anda bisa membaca dan melihat setiap peluang besar maupun kecil tentang kondisi pangsa pasar potensial sebuah produk/barang yang diluncurkan atau dijual, sehingga dengan demikian anda dapat mengetahui secara detail dan lengkap tentang segala sesuatu apa yang menjadi keinginan konsumen atau pelanggan yang bisa dikumpulkan dalam rangka mendapatkan atau menentukan langkah-langkah strategi bagaimana yang harus ditempuh agar bisnis online bisa berjalan dengan pesat dan dapat memberikan keuntungan yang besar.

Ilustrasinya seperti ini: Bisa saja anda bersikeras untuk menjual baju kemeja kotak-kotak dengan model lengan pendek, karena anda yakin bahwa model tersebut nantinya pasti diminati oleh market online. Padahal timbulnya keinginan atau ide atas adanya pemilihan model tersebut dikatakan sangat bagus oleh pasangan anda sendiri. Setelah anda laksanakan, ternyata bisnis online anda sepi order-an, atau paling-paling hanya sekedar bertanya itupun pada akhirnya tidak jadi membeli kemeja kotak-kotak tersebut. Karena itulah, kita harus mau sedikit lelah untuk tetap melakukan riset. Jika misalnya ingin berjualan baju kemeja kotak-kotak, kira-kira baju kemeja kotak-kotak seperti apa yang lagi tren (misalnya warna, ukuran, model lengan panjang atau pendek, dlsb) dan tentu saja yang paling banyak di buru oleh market online.

Nah, riset dimaksud dapat dilakukan dengan melihat trend model baju melalui jejaring media sosial, toko online lazada, blibli, olx dan masih banyak lagi yang bertemakan “lapak online shop” besar yang pastinya juga menjual model-model baju kemeja kotak-kotak tersebut. Setelah itu, barulah kita mengukur kemampuan dan mencari segmentasi market yang tepat, benar dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa market online itu adalah calon customer terbesar anda, sehingga permintaannya harus dapat dipenuhi. Disamping itu, anda harus senantiasa mengerti dan terus menggali lebih dalam lagi tentang siapa-siapa saja orang yang cocok membeli produk anda yang dipajang secara online di toko online anda.

3. Rekayasa Konsep
Setiap jenis usaha sudah pasti memerlukan konsep yang rinci dan matang dalam rangka untuk meminimalisir timbulnya kerugian yang mungkin bisa dialami sampai puluhan juta rupiah. Untuk antisipasi kerugian inilah sangat dibutuhkan ide-ide cemerlang yang dituangkan dalam teknik atau cara merekayasa strategi konsep bisnis online yang lebih jitu kedepannya. Bila perlu, gunakan analisis “SWOT” (strength, weakness, oppurtunities, threat) sebagai landasan dan dasar serta visi & misi di bisnis online anda.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa penggunaan SWOT adalah sebagai kekuatan yang bisa memajukan usaha bisnis, mengurangi timbulnya cacat ataupun adanya kelemahan dalam kegiatan usaha online, membaca peluang atau kesempatan dan melayani konsumen dengan baik, tepat dan cepat. Ilustrasinya kira-kira begini, misalnya: anda telah melakukan riset untuk produk baju kemeja kotak-kotak terbaru dan didapati ada beberapa website/laman/situs terkait yang menjual produk serupa. Lalu anda perhatikan dan amati, kemudian analisa, kira-kira apakah produk baju kemeja kotak-kotak yang akan di jual pada toko online anda juga memiliki nilai tambah atau ada unsur pembeda yang nyata dengan produk pesaing lainnya. Jika sama, apakah anda punya faktor lain yang bisa dipergunakan untuk bisa memengaruhi keputusan orang lagi agar lebih memilih membeli produk di toko online anda? Faktor-faktor lain yang kami maksudkan disini, misalnya faktor pelayanan atau “biaya ongkir” (ongkos kirim) yang bisa ditekan dan juga waktu efektif yang dibutuhkan untuk pengiriman bisa lebih cepat, karena anda telah menandatangani kontrak bekerjasama dengan satu atau beberapa perusahaan ekspedisi tertentu dan terbaik di Indonesia maupun Internasional.

4. Menciptakan Kepercayaan
Bukan hanya dalam pemberian jasa bantuan hukum dari seseorang yang berprofesi sebagai lawyer (advokat, pengacara dan konsultan hukum maupun para legal) yang membutuhkan kepercayaan dari para calon klien, website/laman/situs/blog yang dioperasionalkan untuk kepentingan sebuah kantor pengacara juga membutuhkan adanya kepercayaan dari para pengguna internet di seluruh dunia. Demikian pula halnya dalam pekerjaan di bisnis online, bahwa kepercayaan (trust) adalah merupakan salah satu kunci utama untuk bisa menjadi sukses melakukan kegiatan di dunia bisnis online ini. Karena, tidak banyak orang yang ingin dan atau siap mempertaruhkan modal uang mereka untuk sekedar membeli barang/produk di online shop yang tidak populer atau yang belum dikenal khalayak ramai. Maka dari itu menciptakan dan membentuk, apalagi cara mempertahankan kepercayaan harus tetap menjadi skala prioritas utama agar konsumen tidak lari dan memilih berbelanja pada toko online orang lain. Ingat, dalam hal berbisnis online ini, customer tidak pernah melihat dan tidak tahu siapa anda, yang mereka lihat adalah apa yang anda tawarkan melalui media online website/situs/laman. Jika anda memperlakukan dan atau menghargai kepercayaan yang telah diberikan oleh calon customer atau para pembeli dengan seadanya, maka penghasilan yang akan anda dapakanpun akan seadanya pula datang.

5. Kontiniu Melakukan Promosi
Salah satu cara memperkenalkan produk/barang dan/atau juga toko online anda adalah dengan melakukan promosi yang kontiniu tahap demi tahap, serta tepat sasaran market share-nya. Anda dapat melakukan dan atau memilih beberapa jejaring media sosial yang bisa jadi media promosi paling murah, efesien bahkan yang gratisan. Anda hanya perlu secara kontiniu dan sedikit lebih rajin untuk membagikan halaman website/laman/situs toko online anda di setiap media sosial agar orang-orang mau mengunjunginya. Bukan tidak mungkin mereka yang datang berkunjung tersebut akan menjadi tertarik setelah melihatnya, dan selanjutnya akan membeli produk atau barang yang anda tawarkan di lapak yang menjadi toko online. Sebagai contoh, anda bisa melirik atau menarik visitor dari facebook, instagram, line, whatsapp (wa) dan atau twitter untuk melihat barang dagangan anda. Sudah barang tentu, anda bisa menjalin kerjasama misalnya dengan mengeluarkan biaya promosi dengan memasang iklan di facebook dan juga twitter. Tapi, kegiatan promosi ini tidak terlepas dari hal yang berhubungan dengan mempelajari strategi yang tepat dan jitu, serta bila perlu adalah untuk mendapatkan “sales” dengan hanya mengeluarkan biaya promosi rendah juga dapat diterapkan. Karena itulah anda harus senantiasa terus belajar memasarkan produk/barang yang anda jual melalui media internet dalam konsep toko online modern dan sangat profesional dengan tetap memegang teguh prinsip-prinsip “low budget high impact”.

Sekian ulasan artikel tentang cara menjadi pebisnis online yang terbaik bidang jasa hukum di Indonesia, semoga bermanfaat bagi siapa saja. Terima kasih. (Silaen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....