08 Oktober 2016

Keyword Sungai Bersih Karena Foke [Ahok]

Perhelatan pilkada DKI Jakarta yang memanas, memunculkan fenonema unik berupa keyword “sungai bersih karena foke” di hasil pencarian mesin google menjadi frasa keyword “sungai bersih karena ahok”. Hal ini menimbulkan beragam pendapat, baik yang positif maupun yang rada-rada negatif dan subjektif. Misalnya ada pendapat miring yang mengatakan bahwa ahok dan/atau tim kampanye maupun simpatisannya telah membayar perusahaan google & co untuk mengubah keyword sungai bersih karena foke menjadi sungai bersih karena ahok di halaman penelusuran google, ketika ada pengguna internet menuliskan keyword sungai bersih karena foke tersebut. Benarkan tudingan google melakukan pengubahan frasa keyword ini karena telah dibayar?

Sungai Bersih Karena Foke atau Kali Bersih Karena Ahok di Halaman Pertama Google

Sebenarnya, tudingan tersebut tidak benar adanya. Karena adalah hal yang wajar ditemukan ketika sebuah keyword yang digunakan oleh para pengguna internet mengalami ketidakjelasan atau ketiadaan data pasti di gudang data google, maka google secara otomatis akan melakukan perbaikan dan atau perubahaan sesuai dengan data-data yang ada tersimpan dalam mesin data google. Demikian pula halnya dengan keyword sungai bersih karena foke, karena memang di gudang data google tidak ditemukan berbagai data utama maupun data pendukung yang menyangkut tentang sungai bersih karena foke atau data-data tentang foke yang membersihkan sungai-sungai di DKI Jakarta di gudang penyimpanan data google.

Terjadinya fenomena atas adanya perubahan atau perbaikan frasa sungai bersih karena foke menjadi sungai bersih karena ahok diatas diakibatkan karena banyaknya pemberitaan mengenai ahok dan juga berita tentang kali bersih atau sungai bersih yang sudah diindex oleh google dan tersimpan dengan baik di gudang data google. Jadi, secara prinsipil kinerja mesin google itu bersifat “technically”, dimana google akan memunculkan kata-kata yang paling banyak dan sering diinput oleh para pengguna internet di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Dengan banyaknya input data tentang ahok dan sungai bersih atau kali bersih, maka google akan secara otomatis melakukan koreksi frasa keyword “kali bersih karena foke” menjadi frasa keyword “kali bersih karena ahok”, ditambah dengan banyaknya publikasi atau ekspose pemberitaan tentang kali (sungai) bersih pada zaman pemerintahan Gubernur Ahok dibandingkan dengan pemberitaan kali (sungai) bersih pada zaman pemerintahan Gubernur Foke.

Nah, adanya realitas ini menyebabkan hal-hal yang berhubungan dengan kali bersih yang dilakukan oleh ahok akan langsung muncul di halaman pertama mesin pencarian google karena data-data yang berkaitan dengan hal tersebut sangat banyak terinput di gudang data google, jangan sangat wajar keyword kali bersih karena ahok muncul di halaman utama google menenggelamkan keyword sungai bersih karena foke.

Sebenarnya, sebuah keyword yang didukung banyak data-data yang telah diinput sebelumnya sangat wajar muncul di halaman satu google dan menurut kami hal ini adalah normal-normal saja dan bukan sesuatu hal yang sangat luar biasa dalam dunia internet, dimana fenomena terjadinya koreksi frasa keyword sungai bersih karena foke dikoreksi menjadi keyword sungai bersih karena ahok adalah bahagian yang tidak terpisahkan dari optimalisasi teknik search engine optimization (SEO) agar suatu frasa keyword bisa tampil di halaman pertama google. Mengenai apa arti, definisi atau pengertian seo, silahkan membaca artikel/tulisan kami yang berjudul => “apa itu seo” (silahkan diklik untuk menuju ke alamat halamannya).

Dalam dunia optimasi SEO, dikenal ada 2 (dua) teknik SEO yang bisa diaplikasikan, yaitu => teknik seo onpage dan teknik seo offpage. Teknik seo ini dapat diterapakan ke berbagai flatform cms website, seperti untuk cms blogger (blogspot), cms wordperss, cms mywapblog yang khusus untuk webblog mobile. Lalu bagaimanakah caranya menggunakan ke-2 (kedua) teknik seo tersebut? Serta apakah bila sudah menerapkan kedua teknik seo tersebut bisa menjadikannya seorang webmaster menjadi praktisi seo yang berpredikat sebagai "pakar seo rank 1 Indonesia"? Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. TEKNIK SEO ONPAGE
Inti dari teknik seo onpage ini adalah serangkaian tindakan atau perbuatan pengoptimalisasian website/situs/blog/laman dari dalam laman itu sendiri agar mendapatkan peringkat yang lebih maksimal lagi pada hasil pencarian pada mekanisme search engine google. Optimalisasi yang dilakukan pada teknik seo onpage ini adalah meliputi => a) konten-konten (baik berupa konten tulisan, konten gambar maupun konten dalam bentuk video), b) meta tag, c) kecepatan akses, d) struktur website/blog, e) internal link, f) eksternal link, g) dan gambar yang menghiasi laman.

Untuk realisasi konten => pastikan konten-konten artikel/tulisan yang anda buat di web-blog adalah yang berkualitas dan sangat bermanfaat bagi banyak orang (khususnya para pengguna internet global). Pastikan bahwa artikel yang anda bikin tersebut adalah merupakan hasil ketikan sendiri (bukan merupakan hasil copy paste milik orang lain) dengan tetap memperhatikan atau mempertimbangkan panjang artikel yang anda tulis tersebut. Ingat, kecenderungan algoritma google yang berkembang per-bulan Oktober tahun 2016, kurang menyukai konten-konten artikel yang pendek dan cenderung lebih memprioritaskan laman yang berisi konten berkualitas untuk tampil di halaman pertamanya. Panjang artikel/tulisan sebuah konten adalah minimal 500-an kata, namun menurut kami yang paling baik adalah minimal 1000-an kata per-tulisan.

Untuk pemanfaatan meta tag => bahwa kegunaan dari meta tag ini adalah untuk memudahkan google mengindex web-situs-blog-laman anda, dimana yang masuk dalam kategori meta tag adalah => meta deskripsi, rel=”cannonical”, title tag, url rss feed, dan berbagai meta tag lainnya yang dapat dimengerti dan dapat dibaca oleh mesin google.

Untuk kecepatan akses => bahwa pada prinsipnya, semakin cepat akses suatu laman dimuat, maka semakin baik dan sayang pulalah google memandang laman tersebut. Disamping itu, pengunjung juga akan menyukai situs anda, karena webblog yang sangat lama, berat atau lemot diakses sangat tidak disukai dan tentu saja akan sangat sulit mendapatkan posisi yang terbaik di mata mesin pencari google.

Untuk pemanfaatan struktur website/blog => pastikan bahwa laman milik anda mempunyai struktur kode yang mudah dipahami dan dimengerti oleh algoritma google. Artinya, bahwa struktur data web-blog anda diusahakan agar mudah dipahami oleh google, ketika melakukan penjelajahan seluruh data-data yang termuat di laman anda. Karena itu, agar secara berkala melakukan pengecekan apakah struktur web-blog anda sudah benar dan sempurna bekerja, khususnya pengecekan dengan memanfaatkan fasilitas “structured data testing tool” yang disediakan dalam “webmastertools google”. Seandainya terdapat kesalahan atau error, berarti masih ada kode data yang tidak dimengerti oleh google, sehingga wajib untuk diperbaiki segera.

Untuk internal link => maksudnya adalah link dalam artikel/tulisan kita sendiri yang menuju ke link lain yang ada dalam laman kita sendiri. Jadi pemaknaan internal link mengutamakan keterkaitan atau adanya hubungan antara artikel/tulisan yang satu dengan yang lainnya. Misalnya kita membuat postingan artikel yang membahas tentang ruang lingkup tentang pekerjaan yang berkaitan tentang kali bersih atau pembersihan sungai, maka dapat dibuatkan internal link-nya yang berhubungan dengan link “apa itu sungai” ataupun “pengertian kali”. Bila ada beberapa input data internal link yang termaktub di dalam sebuah artikel/tulisan yang hendak dipublikasikan, maka hal ini akan dimaknai google secara lebih baik lagi.

Untuk eksternal link => secara prinsip bahwa kerja eksternal link hampir sama dengan internal link, cuma bedanya link yang dituju oleh eksternal link adalah berada diluar link-link yang ada dalam laman kita, artinya tertuju pada link dari situs luar yang masih mempunyai hubungan dengan artikel/tulisan yang sedang kita bahas. Fungsinya adalah untuk memberitahu kepada mesin pencari google tentang adanya keterkaitan atau hubungan link tersebut dengan artikel yang termuat dalam web-blog kita. Ingat penggunaan eksternal link ini juga jangan terlalu banyak, perkiraannya cukup hanya 2-3 link saja yang terpenting masih relevan dengan tulisan yang sedang dibahas.

Untuk pemanfaatan gambar => gambar yang kami maksudkan disini adalah sebagai pelengkap yang menghiasi setiap artikel/tulisan yang akan anda muat dalam postingan. Dengan adanya gambar ini, maka google akan cenderung memaknai artikel/tulisan yang anda buat adalah sangat penting, sehingga layak untuk dipercayai dan merupakan artikel yang benar-benar sangat bermanfaat bagi banyak pengguna internet. Disamping itu juga, dengan adanya gambar ini maka sedikit banyaknya akan menambah daya tarik dan nilai keindahan artistik tersendiri bagi artikel yang anda tulis dan membuat pengunjung tidak bosan melihat ataupun membacanya.

2. TEKNIK SEO OFFPAGE
Seo offpage ini sering dimaknai oleh para master seo dan atau pakar seo maupun ahli search engine optimization sebagai serangkaian optimalisasi seo dengan mencari dan atau mengumpulkan backlink yang menuju ke web-blog milik kita, misalnya backlink dari media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dlsb. Jika sebuah laman atau situs mendapatnya banyak backlink yang berkualitas (dari laman yang terpercaya), PR alexa yang ramping, PA dan DA tinggi, serta juga mendapatkan backlink dari sharing yang dilakukan di media jejaring sosial yang banyak, maka google akan memaknai artikel/tulisan yang anda buat tersebut secara positif dan dipandang banyak memberikan manfaat, sehingga sangat layak untuk dimasukkan dalam hasil penelusuran halaman 1 di mesin pencari google.

Sebenarnya, masih banyak lagi pembahasan mengenai seo ini dan seo juga mencakup aspek yang lebih luas lagi dari apa yang kami uraikan diatas, namun hanya itu saja yang dapat kami jelaskan, karena saya bukanlah pakar seo terkemuka di Indonesia melainkan seorang advokat, attorney, barrister, pengacara, lawyer dan atau juga konsultan hukum yang berada di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Indonesia. Semoga tulisan kami yang membahas tentang keyword sungai di Jakarta bersih karena foke yang berubah menjadi frasa keyword sungai di Jakarta bersih karena ahok di hasil pencarian google dapat menjawab fenomena terjadinya koreksi keyword di google. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. (Silaen Lawyer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....