16 Oktober 2016

Pencitraan Instant Situs Web Melalui Kontes Seo

Kontes seo/ajang lomba seo situs web pada penelusuran mesin pencari google cenderung dimaknai sebagai jalan pencitraan yang instant (baca: cepat, praktis, mudah ataupun ekonomis) untuk mengangkat citra atau popularitas sebuah situs website/laman dan atau juga produk-produk, baik berupa barang maupun jasa. Dengan kata lain, penyelenggaraan kontes seo merupakan sebuah ajang melakukan “pencitraan instant” agar semakin top dan terkenal di mesin pencari, khususnya agar bisa dengan cepat menduduki posisi halaman pertama dan ranking satu ketika di googling oleh para pengguna internet, khususnya bagi anda para blogger medan di halaman satu google yang selama ini aktif ngeblog (blogger) dalam rangka meningkatkan trafik pengunjung dan juga mencari uang tambahan melalui internet.

Kontes Seo Efektif dan Instant Membentuk Pencitraan Situs Web di Halaman Satu Mesin Pencari Google

Khusus bagi anda para pegiat seo dan pecinta search engine optimization yang ingin mengetahui apa itu dan bagaimana itu kontes seo, silahkan klik halaman berikut => “apa itu kontes seo” agar dapat lebih memahami maksud maupun latar belakang mengapa sangat ramai penyelenggaraan kontes seo dan/atau lomba situs webblog seo.

Nah oleh karena adanya “efek domino” yang bisa langsung dirasakan oleh si penyelenggara kontes seo sebagaimana diuraikan diatas, maka tak ayal lagi dari tahun ke tahun penyelenggaraan kontes seo masih tetap ramai dan sangat diminati oleh para “webmaster blogger” dari seluruh penjuru nusantara dengan penawaran berbagai hadiah yang menarik (bisa dalam bentuk uang, voucher, produk/barang, paket wisata, dlsb).

Survey dan fakta telah membuktikan, kata-kata kunci (keyword) utama yang menjadi target panitia penyelenggara kontes seo memang benar bisa langsung meroket dalam sekejap mata menduduki halaman pertama google. Ya anda tidak usah heran, hal ini disebabkan adanya andil dari setiap peserta kontes seo yang nota bene telah berperan aktif mengirimkan backlink-backlink dalam bentuk “tag kata kunci” yang dikemas dalam balutan “anchor text”. Kiriman backlink ini tentu dimaknai secara positif oleh mesin pencari, sehingga mesin pencari akan menilai bahwasanya website/laman yang bersangkutan sangat penting dan layak untuk ditempatkan pada halaman utama google.

Secara teori, menjatuhkan pilihan untuk menyelenggarakan ajang kontes seo sangatlah tepat dilakukan pada website yang bersifat tertutup (statis). Website statis maksudnya adalah website yang membatasi diri untuk membuat konten-konten, khususnya konten-konten dalam bentuk tulisan/artikel yang diupdate dan diposting secara berkala (tiap harinya), sehingga diketahui atau dilihat oleh para pemirsa pengguna internet diseluruh dunia. Website statis juga maksudnya adalah website yang sangat terbatas menargetkan penggunaan kata-kata kunci untuk diindex dalam search engine rating page (SERP) google disebabkan minimnya artikel/tulisan yang dihasilkannya. Salah satu contoh webblog statis yang kerap kali menyelenggarakan kontes seo adalah “weblog yang berbau perjudian”. Mengapa lomba seo yang diselenggarakan oleh website/situs yang berbau perjudian bisa begitu marak? Mau tahu alasannya, silahkan klik “lomba seo judi online” untuk mengetahui dan/atau membacanya.

Keadaan website statis yang kami jelaskan diatas, sebenarnya sangat berbanding terbalik dengan website-website yang bersifat terbuka (dinamis), dimana konten berupa tulisan/artikel, gambar maupun video yang dibuat bisa dalam jumlah yang banyak (tidak terbatas) setiap harinya, bahkan pemakaiannya cenderung dikolaborasikan secara bersama-sama. Karena teori seo (search engine optimization) memberi petunjuk bahwasanya konten itu adalah raja (content is the king) yang didalamnya bisa disisipkan atau ditanamkan kata kunci tertentu yang menjadi target pemaknaan adanya konten tulisan/artikel dimaksud. Oleh karena itu, sangat jarang ajang suatu kontes seo diselenggarakan oleh website-website yang bersifat dinamis, kalaupun ada maka jumlahnya sangat sedikit atau bisa dihitung dengan jari. Disamping itu bila sebuah website bersifat dinamis, tentu link-link yang terdapat diweb yang bersangkut alamat link-nya bisa berjumlah ratusan hingga ribuan link. Dengan kata lain, bila diadakan kontes seo sangat tidak efektif bila kata kunci yang telah ditargetkan dalam bentuk anchor text dikirimkan ke home page tidak ke alamat url/link yang bersangkutan.

Pada hakekatnya, ajang kontes seo yang lazim diselenggarakan memiliki keuntungan (baca sisi positif) dan juga kerugian/kelemahan (baca sisi negatif). Adapun keuntungannya adalah sebagai berikut:
Bagi pemilik website atau penyelenggara kontes seo tentu akan mendapatkan pengindex-an kata kunci (keyword) yang ditargetkannya, beragam backlink dari para peserta kontes seo, citra maupun popularitas web secara instant dimata google dapat diwujudkan, dapat dengan mudah masuk ke dalam jajaran halaman pertama google, mendapat review gratis yang dituliskan para peserta, mendapat pemasangan iklan atau banner berbiaya gratis yang dipasang di website/laman para peserta lomba/kontes seo.

Sedangkan keuntungan bagi peserta kontes seo adalah memperoleh hadiah (baik berupa uang, barang, voucher, paket wisata, dlsb) bila menjadi juara atau pemenang, bisa mengukir prestasi dan juga nama anda sebagai salah satu yang dijuluki sebagai “ahli search engine optimization” atau pakar seo, anda juga bisa mendapatkan julukan atau gelar sebagai jago lomba seo atau master kontes seo, nama anda akan diketahui massa sebagai orang yang jago menulis atau master review.

Adapun kerugian/kelemahan kontes seo adalah sebagai berikut:
Bagi penyelenggara ajang kontes seo adalah diwajibkan menggelontorkan hadiah (baik berupa uang, produk/barang, voucher, paket wisata, atau hadiah lainnya) yang jumlahnya bisa saja mencapai puluhan juta rupiah, pengiriman backlink dalam jumlah yang tinggi dan tidak terbatas bisa dimaknai google sebagai perbuatan spam yang mana hal ini bisa mengakibatkan website penyelenggara kontes seo akan dibanned atau dihapus oleh google dari halamannya.

Sedangkan bagi para peserta kontes seo adalah merupakan perbuatan pekerjaan yang sia-sia karena artikel/tulisannya tidak bisa menduduki posisi halaman pertama google (baca tidak menjadi juara/pemenang), perbuatan atau tindakan anda yang melakukan optimalisasi secara berlebihan atas artikel/tulisan yang diperlombakan melalui website/blog dummy ataupun melalui media sosial dan forum-forum secara massal atau sporadis dapat dimaknai google sebagai perbuatan spammer yang mana hal ini bisa mengakibatkan website anda sebagai salah satu peserta kontes seo akan dibanned atau bisa juga dihapus oleh google dari halamannya, sebagai penyeimbang teknik seo yaitu berupa kriteria adanya “outbound links” disamping “internal links” dalam websites (tapi mohon dibatasi outbound links tersebut).

Semoga artikel/tulisan yang berjudul “pencitraan instant melalui kontes seo atau lomba seo” ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui keuntungan atau kerugian bila mengkuti ajang kontes seo yang semakin marah saja di bulan Oktober, November dan Desember 2016. Kondisi maraknya kontes/lomba seo ini juga diprediksikan akan terus ramai pada tahun 2017 yang akan datang. Mudah-mudahan anda bisa memenangkan kontes-kontes seo yang ada. Atas perhatian dan kunjungannya ke “WEB ADVOCAT SILAEN & ASSOCIATES” dihaturkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....