Saturday, 5 March 2016

Pengantar Ilmu Hukum Bagi Advokat Indonesia

Pengantar Ilmu Hukum Bagi Advokat Indonesia # Seluruh negara yang ada dibelahan dunia memiliki aturan hukumnya sendiri-sendiri, dimana masing-masing sistem hukum bisa berbeda antara bangsa yang satu dengan yang lain. Dengan kata lain, hukum yang diterapkan sehari-hari oleh masyarakat adalah hukum Indonesia (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Pentingnya Pengantar Ilmu Hukum Bagi Calon Advokat-Pengacara-Lawyer-Konsultan Hukum Indonesia

Sebagai warga negara yang baik, wajib harus tahu hukum yang berlaku atau digunakan di negaranya, terutama bagi calon sarjana hukum (SH) yang saat ini sedang belajar di Fakultas Hukum (khususnya bagi mahasiswa yang ingin memilih profesi menjadi Advokat). Dalam mempelajari ilmu hukum di Perguruan Tinggi, setidaknya dikenal ada 2 (dua) macam pokok bahasan yang harus dipelajari menyangkut ilmu hukum, yaitu => Pengantar Ilmu Hukum (PIH) dan Pengantar Hukum Indonesia (PHI).

Friday, 4 March 2016

Pengertian Hukum Agraria Dan Hukum Tanah

Apakah sama arti pengertian “hukum agraria” dengan “hukum tanah” (pertanahan)? Pertanyaan ini sering muncul, ketika orang membahas mengenai keberadaan hukum agraria dalam sistem hukum yang diberlakukan di Indonesia. Dimana tidak sedikit orang berpendapat yang mengidentikkan hukum agraria itu sebagai hukum tanah, padahal hukum tanah hanya semata-mata mengatur secara khusus mengenai pertanahan saja. Agar lebih mendapatkan jawaban, kami akan membahas hal mengenai hukum agraria dan hukum tanah ini lebih lanjut.

Advokat Spesialis Hukum Agraria Nasional Indonesia

 Apabila kita bahas melalui termilogi, dapat di lihat kata agraria berasal dari kata “akker” (Bahasa Belanda) dan kata “agros” (Bahasa Yunani) yang berarti => adalah tanah pertanian, kemudian berasal dari kata “agger” (Bahasa Latin) yang berarti => adalah tanah atau sebidang tanah. Selanjut juga bisa dilihat dari asal kata “agrarius” (Bahasa Latin) yang berarti => adalah perladangan, persawahan, pertanian; dan asal kata dari “agrarian” (Bahasa Inggris) yang berarti => adalah tanah untuk pertanian.

Hubungan Industrial Pancasila dan Penyelesaian Sengketa Hukumnya

Hubungan Industrial Pancasila dan Penyelesaian Sengketa Hukumnya # Sejak bergulirnya era reformasi tahun 1998 terjadi berbagai perubahan-perubahan sistem politik dan pemerintahan baik secara struktural maupun fungsional, salah satunya adalah dibidang ketenagakerjaan dengan diterbitkannya Undang Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Undang Undang No. 2 tahun 2004 Tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial atau yang lazim disebut dengan Hubungan Industrial Pancasila (HIP).

Hukum Ketenagakerjaan Hubungan Industrial Pancasila

Dari adanya Undang Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 dan Undang Undang No. 2 tahun 2004, kita dapat melihat adanya transformasi kebijakan dari suatu sistem yang bersifat monolitik bagi tumbuh dan kembangnya serikat pekerja (single union) ke sistem pluralitik yang berdampak bagi pelaku produksi barang dan/atau jasa. Khusus untuk kaum pekerja (buruh) menyebabkan bertumbuh dan atau berkembangnya serikat buruh atau serikat pekerja yang bersifat multi union.

Thursday, 3 March 2016

Law Firm Seo

Menjinakan lawyer pada law firm seo di google internasional maupun Indonesia, sungguh sangat berat. Mungkin sebelum kami telah banyak para ahli, pakar, konsultan dan juga para praktisi seo yang sudah mencobanya tapi belum juga berhasil mengalahkannya. Nah, apakah kami akan mengalami kegagalan juga? Sebentar lagi akan terjawab. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kata kunci law firm seo didominasi oleh website atau situs luar negeri dan hampir rata mereka yang menguasainya. Meskipun begitu, hal tersebut semakin menantang buat kami untuk bisa menundukkan kata kunci (keyword) yang dimaksud.

Law Firm Seo Lawyer Attorney

Baiklah para sahabat dan juga rekan-rekan advokat (pengacara/lawyer), sekarang kami akan jelaskan terlebih dahulu apa itu seo? Sebagaimana dalam artikel kami yang lalu, seo atau search engine optimization adalah => serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Sedangkan maksud tujuan dari digunakannya seo itu adalah => untuk menempatkan sebuah situs atau website pada posisi teratas, atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak (ramai).

Partisipasi Partai Politik Di Pilkada Serentak 2017

Partisipasi Partai Politik Di Pilkada Serentak 2017 # Tak dapat disangkal, peran partai politik (parpol) pada pilkada serentak tahap satu yang lalu telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perubahan sistem perpolitikan nasional, terutama dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang dinamis dan sedang menuju menjadi masyarakat yang demokratis. Jika kapasitas dan kinerja mesin partai politik dapat lebih ditingkatkan lagi, maka hal ini akan berpengaruh besar terhadap peningkatan kualitas demokrasi dan kinerja sistem politik Indonesia kedepannya. Oleh karena itu, peran partai politik perlu terus ditingkatkan bagi segi kapasitas, kualitas, dan kinerjanya agar dapat memenuhi atau mewujudkan aspirasi dan kehendak rakyat dan meningkatkan kualitas demokrasi, khususnya dalam pelaksanaan pilkada (pemilukada) daerah provinsi, kabupaten/kota serentak tanggal 15 Februari 2017.

Peran Efektif Dan Strategis Partai Politik Dalam Pelasanaan Pilkada Serentak

Dalam sistem politik Indonesia telah menempatkan Partai Politik sebagai pilar utama penyangga demokrasi. Dengan kata lain, tidak ada demokrasi tanpa adanya Partai Politik. Karena begitu pentingnya peran Partai Politik, maka sudah selayaknya jika diperlukan sebuah peraturan perundang-undangan mengenai Partai Politik yang lebih baik dari yang ada saat ini. Peraturan perundang-undangan ini diharapkan mampu menjamin pertumbuhan Partai Politik yang baik, sehat, efektif dan fungsional. Dengan kondisi Partai Politik yang sehat, selektif dan fungsional, maka memungkinkan untuk melaksanakan rekrutmen pemimpin atau proses pengkaderan, pendidikan politik dan kontrol sosial yang sehat. Dengan Partai Politik pula, konflik dan konsensus dapat tercapai guna mendewasakan masyarakat untuk berpolitik. Konflik yang tercipta tidak lantas dijadikan sebagai salah satu alasan untuk memecah belah partai, tapi konflik yang timbul haruslah dicarikan konsensus jalan terbaik guna menciptakan partai yang sehat dan fungsional.

Tips Memilih Advokat Dan Pengacara Terbaik

Tips Memilih Advokat Dan Pengacara Terbaik # Setiap orang yang sedang bermasalah dengan hukum dan atau sedang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan dunia peradilan, khususnya di Indonesia, maka secara hukum pula seluruh hak-haknya dilindungi oleh hukum. Demikian pula setiap Warga Negara mempunyai hak agar dapat didampingi oleh seorang atau beberapa orang advokat atau pengacara selaku kuasa hukumnya.


Pengacara Top Dan Populer Online Di Medan

Ketika telah mengambil suatu keputusan untuk menyelesaikan menyelesaikan masalah atau sengketanya pada ranah hukum, mau tidak mau pemilihan kuasa hukum atau advokat harus dipertimbangkan secara matang dan super hati-hati. Karena, bukan hanya berhubungan dengan target pencapaian keberhasilan (kemenangan) dan efisiensi semata, tetapi juga sangat erat berkaitan dengan masalah pembiayaan tarif jasa advokat selama pendampingan untuk penyelesaian sengketa yang dimaksud. Oleh karena itu, orang-orang yang sedang bersengketa perlu membekali diri dengan pengetahuan mengenai kelayakan atau kompetensi pengacara, nominal biaya yang harus dikeluarkan apabila menggunakan jasa bantuan hukum dari seorang advokat.

Wednesday, 2 March 2016

Mengenal Sistem Hukum Adat Batak

Mengenal Sistem Hukum Adat Batak # Sistem kekerabatan (keluarga) yang diberlakukan dalam sistem hukum adat di Indonesia, menerapkan 3 (tiga) sistem yaitu:
  1. Patrilineal => yang merupakan sistem kekeluargaan yang menarik garis keturunan yang berasal dari keturunan pihak laki-laki, dimana jika terjadi sesuatu maka keturunan pihak ayah yang akan bertanggung jawab. Sistem ini dipakai oleh masyarakat suku Batak;
  2. Matrilineal => merupakan sistem kekerabatan yang ditarik dari garis keturunan perempuan, dimana jika terjadi sesuatu maka pihak ibu yang menanggungjawabinya. Sistem ini dianut oleh masyarakat adat Minangkabau;
  3. Bilateral => sistem kekeluargaan yang tidak ada dominasi antara pihak laki-laki dan perempuan. Sistem ini dipakai oleh masyarakat suku Jawa;
Penerapan Hukum Waris Suku Adat Batak

Seiring dengan perkembangan jaman, akhir-akhir ini banyaknya timbul permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat, diakibatkan terjadinya perkawinan antar suku di Indonesia, dimana antara suku yang satu berbeda adat istiadat serta kebiasaan masyarakat adatnya. Salah satu permasalahan yang terjadi di masyarakat adat, yang sekarang ini sangat menonjol adalah masalah kewarisan.

Kepailitan Dalam Khasanah Hukum Indonesia

Kepailitan Dalam Khasanah Hukum Indonesia # Sebelum kita lebih jauh membahas tentang eksistensi hukum kepailitan di Indonesia, tidak ada salahnya terlebih dahulu memahami apa arti dan pengertian kepailitan. Kata kepailitan (pailit) bersumber bahasa Prancis, yaitu: failite yang berarti => kemacetan pembayaranMenurut pendapat dari Imran Nating, kepailitan diartikan sebagai => suatu proses di mana seorang debitur yang mempunyai kesulitan keuangan untuk membayar utangnya dinyatakan pailit oleh pengadilan, dalam hal ini pengadilan niaga, dikarenakan debitur tersebut tidak dapat membayar utangnya. Harta debitur dapat dibagikan kepada para kreditur sesuai dengan peraturan pemerintah. Sedangkan menurut Ensiklopedia Ekonomi Keuangan Perdagangan dijelaskan bahwa pailit adalah => seseorang yang oleh suatu pengadilan dinyatakan bankrupt (bangkrut), dan yang aktivitasnya atau warisannya telah diperuntukkan untuk membayar hutang-hutangnya (Abdurrachman, A., 1991 : 89). Lebih lanjut berdasarkan penjelasan wikipedia mengutip Black’s Law Dictionary, pailit atau bankrupt adalah: “the state or condition of a person (individual, partnership, corporation, municipality) who is unable to pay its debt as they are, or become due”. The term includes a person againt whom an involuntary petition has been filed, or who has filed a voluntaru petition, or who has been adjudged a bankrupt (seorang pedagang yang bersembunyi atau melakukan tindakan tertentu yang cenderung mengelabuhi pihak kreditornya. Sementara itu, dalam Pasal 1 butir 1, kepailitan adalah sita umum atas semua kekayaan debitor pailit yang pengurusan dan pemberesannya dilakukan oleh kurator di bawah pengawasan hakim pengawas sebagaimana diatur dalam undang-undang ini. Pasal 1 butir 4, debitor pailit adalah debitor yang dinyatakan pailit dengan keputusan pengadilan).

Hukum Kepailitan Pasca Pemberlakuan Pengadilan Niaga Di Indonesia

Dari pengertian diatas, maka dapat ditarik suatu pengertian pailit berkaitan dengan ketidakmampuan untuk membayar dari seorang debitor atas hutang-hutangnya yang telah jatuh tempo. Ketidakmampuan tersebut harus disertai suatu tindakan nyata untuk mengajukan, baik yang dilakukan secara sukarela oleh debitor sendiri, maupun atas permintaan pihak ketiga. Maksud dari pengajuan permohonan tersebut sebagai bentuk pemenuhan asas publisitas dari keadaan tidak mampu membayar. (Ahmad Yani & Gunawan Widjaja , 2004 : 11).

Tuesday, 1 March 2016

Point Penting Pengawasan Partisipatif Pilkada Serentak Tahap 2

Point Penting Pengawasan Partisipatif Pilkada Serentak Tahap 2 ~ Pilkada (Pemilukada) serentak tahap II tanggal 15 Februari 2017 telah ditetapkan oleh KPU RI, tentu saja seluruh tahapan pilkada serentak akan dilaksanakan dalam kurun waktu kurang dari 1 (satu) tahun lagi. Hal itu berarti, semua stakeholder pada daerah yang ikut dalam pesta demokrasi untuk memilih para kepala daerah tingkat provinsi, kabupaten/kota tentu mulai menyiapkan diri, khususnya yang berkenaan dengan masalah dana. Tidak hanya itu saja, mengenai pengawasan terhadap terselenggaranya pilkada serentak yang jujur, adil serta berintegritas juga harus dipersiapkan sejak dini.


Strategi Penting Pengawasan Partisipatif Masyarakat Pada Pemilu Atau Pilkada Serentak Pemilihan Kepala Daerah

Belajar dari pengalaman pada pelaksanaan pilkada tanggal 9 Desember 2015 yang lalu, salah satu point yang harus dicatat adalah mengenai rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam hal pengawasan terhadap penyelenggaraan pilkada yang dimaksud. Misalnya: rendahnya partisipatif masyarakat untuk melakukan pengawasan preventif mencegah agar tidak terjadi pelanggaran pilkada, seperti politik uang (money politics), penyalahgunaan wewenang oleh para incumbent, tidak konsistennya melaksanakan ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum, dan lain sebagainya.

Booming Tren Pengacara Spesialis Perceraian

Booming Tren Pengacara Spesialis Perceraian ~ Akhir-akhir ini, permintaan bantuan jasa hukum dari seorang pengacara yang spesialis menangani kasus (perkara atau sengketa) perceraian, baik melalui pengadilan negeri (PN) maupun melalui Pengadilan Agama (PA) terus meningkat dan sedang dalam keadaan booming. Tidak hanya itu saja, para pengacara (advokat, lawyer) ini juga secara khusus membuka jasa untuk konsultasi perceraian (kemelut atau percekcokan dalam rumah tangga).

Pengacara Spesialis Perceraian Dan Kemelut Rumah Tangga

Terjadinya terbentuk pengacara perceraian sebagaimana diatas, adalah disebabkan tren lagi banyaknya para pasangan (suami isteri) yang memilih jalan mengakhiri mahligai rumah tangganya dengan bercerai. Fenomena apakah yang terjadi? Atau jaman yang sedang kita jalani ini lagi tren dan tanpa ragu-ragu untuk menyelesaikan kemelut rumah tangga dengan perceraian? Kamipun tak tahu, dan silahkan jawab sendiri dalam hati.

Peluang Jadi Pengacara Top Dengan Video Online

Peluang Jadi Pengacara Top Dengan Video Online ~ Ramainya masyarakat Indonesia gunakan internet, telah membuka peluang besar bagi pengacara memperkenalkan diri dan atau mempromosikan jasa hukumnya melalui saluran media gambar online. Kalau kita perhatikan pada media internet online, para pengacara (advokat/lawyer) telah berlomba-lomba menggunakan strategi menang pemasaran online di era modern yang berorientasi pada pangsa pasar terarah via internet marketing. Salah satu contoh adalah strategi para pengacara yang telah mengambil 1 (satu) keputusan untuk mempublikasikan dan atau memasarkan jasa hukum melalui video online yang dapat dilihat atau ditonton oleh berjuta-juta pasang mata yang diupload via YouTube, dengan harapan seorang calon klien potensial akan memperhatikan video yang dipublikasikan melalui internet tersebut. Atau bisa juga pangsa pasar potensial yang dimaksud adalah mereka-mereka yang hanya sekedar ingin mengetahui isu-isu penting tentang seputar hukum yang telah kita publikasikan melalui video online.

Video Top Jasa Pengacara Online Indonesia

Kenapa kami memilih youtube sebagai salah satu media online untuk mempublikasikan video jasa pengacara (advokat, lawyer ataupun konsultan hukum)? Hal ini disebabkan: jumlah pengunjung video hukum di YouTube sangat besar, bahkan rata-rata hampir 25% orang meneliti dan mengetahui topik hukum adalah melalui penayangan video hukum di YouTube, jadi tidak salah youtube masih merupakan salah satu saluran top untuk menyajikan video online miliki kita.

Monday, 29 February 2016

Estimasi Jadwal Tahapan Pilkada Serentak 2017

Estimasi Jadwal Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2017 Di Indonesia ~ Salah satu hal yang penting untuk diketahui dalam pelaksanaan pilkada (pemilukada) serentak tahap II adalah mengenai waktu atau jadwal pelaksanaan setiap tahapan dalam pemilu. Memang regulasi berupa Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pelaksanaan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota yang akan dilangsungkan pada pelaksanaan Pilkada (Pemilukada) serentak tahap II hari Rabu, tanggal 15 Februari 2017 belum dibuat. Tapi bukan berarti suhu politik pada daerah-daerah yang ikut serta dalam pesta demokrasi tersebut tidak memanas. Sebagai contoh, dapat kita lihat dari memanasnya pembentukan opini publik terhadap bakal calon yang ingin maju pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur DKI Jakarta dan Banten.

Jadwal Penting Setiap Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2017

Meskipun, belum terbit atau ditetapkannya waktu/jadwal setiap tahapan penting pilkada serentak 2017, tidak ada salahnya kita melihat dari seluruh tahapan yang telah dilaksanakan KPU pada Pilkada 2015 (PKPU Nomor 2 Tahun 2015) yang lalu, dimana dapat dijelaskan sebagai berikut:

Hutang Piutang Perdatakah atau Pidana

Hutang Piutang Perdatakah atau Pidana ~ Mungkin pernah suatu ketika, rekan advokat kedatangan klien yang ingin berkonsultasi tentang apakah bisa wanprestasi dari adanya perbuatan hukum hutang piutang dapat dijadikan kasus tindak pidana?. Atau mungkin, pengalaman praktek advokat yang pernah menemukan permasalahan hukum yang awalnya adalah hubungan keperdataan menjadi pidana? Memang akhir-akhir ini pergeseran adanya pemahaman tentang polemik perbuatan hukum perdata berubah menjadi tindak pidana sudah mulai “meresahkan” banyak pihak, tidak terkecuali dalam hal ini adalah advokat (lawyer/pengacara).


Wanprestasi Akibat Hutang Piutang Perbuatan Hukum Perdata Jadi Tindak Pidana

Tapi, pada kesempatan ini, kami tegaskan bahwa sebenarnya peristiwa hukum berupa wanprestasi akibat adanya hutang piutang tidak bisa dijadikan sebagai perbuatan tindak pidana penipuan. Karena apabila seseorang tidak melaksanakan kewajibannya untuk melunasi seluruh hutang-hutangnya, maka secara hukum dianya telah melakukan perbuatan hukum berupa cidera janji atau wanprestasi.

Sunday, 28 February 2016

Aspek Hukum Bisnis Transaksi E-Commerce Di Indonesia

Tingginya keinginan pebisnis berinvestasi dalam usaha berbasis bisnis belanja online (e-commerce) dengan membuka toko-toko online di internet, telah diprediksikan oleh para ekonom dan ahli/pakar bisnis online akan memiliki prospek yang cerah di masa depan, semakin terjawab dengan kehadiran dan pembukaan beberapa toko online. Tak tanggung-tanggung, para pebisnis ini berani menginvestasikan dananya berjumlah ratusan juta dollar amerika untuk toko online-nya. Sebut saja 1 (satu) contoh, Lippo Group telah mengumumkan investasi yang akan ditanamkan di website/situs belanja online yang bernama matahari mall sebesar 500 juta dollar Amerika atau setara dengan Rp. 7,1 triliun. Hal ini membuktikan, bahwa bisnis belanja online merupakan salah satu pangsa pasar bisnis yang masih sangat menjanjikan dapat memberikan keuntungan yang besar.

Kantor Advokat Spesialis Bisnis E-Commerce Medan-Indonesia

Menurut riset para ekonom dan pebisnis internet online, saat ini bisnis e-commerce di Indonesia baru memiliki investasi sekitar 1% dari total investasi pada industri retail secara keseluruhan. Dengan kata lain, bahwa angka 1% tersebut berarti nilainya baru setara dengan Rp. 1,3 triliun. Sehingga harapan terjadinya peningkatan nilai investasi dari pelaku usaha bisnis e-commerce di Indonesia akan meningkat 15-20 kali lipat dalam kurun waktu 5-10 tahun mendatang.