Dinamika
dan suka duka masalah keuangan bila menjadi Advokat Freelancer yang bekerja
pada satu atau beberapa firma hukum atau kantor pengacara tentu harus di
manajemen secara arif dan bijaksana oleh advokat yang bersangkutan. Mengapa?
Hal ini disebabkan menjadi advokat freelance atau advokat pekerja lepas tidak
memiliki penghasilan yang menetap, sehingga mau tidak mau harus pintar atau
pandai mengatur keuangan kalau ingin kebutuhan hidup tercukupi layaknya seperti
orang yang memiliki pekerjaan yang tetap.
Pentingnya
memanajemen keuangan atau penghasilan bagi advokat yang bekerja sebagai
pekerjaan paruh waktu pada sebuah kantor pengacara ataupun para pekerja di
bidang hukum lainnya (dalam hal ini seperti konsultan hukum dan legal officer) disebabkan penghasilan yang diperoleh tidak menentu sehingga
sangat beresiko tinggi atas pemenuhan kebutuhan sehari-hari, apalagi yang sudah
berkeluarga.