08 Januari 2017

Cara Blogger Medan Menjadi Produktif Ngeblog

Sahabat Advokat & Pengacara Medan, bagaimana tips / cara blogger medan menjadi produktif ngeblog? Kenapa sih harus jadi blogger produktif? Dan apa keuntungan bagi blogger medan bila ngeblog nya telah produktif? Mungkin, sebagian pertanyaan diatas pernah terlihat dipikiran para blogger medan sahabat blog advokat silaen & associates. Karena diantara sekian banyak jumlah penduduk Kota Medan, pasti banyak yang gemar / hobi ngeblog.

Cara dan Tips Blogger Medan Ngeblog Menjadi Lebih Produktif

Namun, banyak juga orang beranggapan bahwa kegiatan yang gemar ngeblog tersebut dianggap sebagai pekerjaan yang tidak begitu penting dan sia-sia, serta tidak menguntungkan personal, khususnya dari segi keuangan. Begitu juga halnya, dengan kegemaran pengacara ngeblog juga dianggap tidak punya pekerjaan “perkara / kasus” yang ditanganinya, sehingga sempat-sempatnya produktif ngeblog.

Wajar-wajar saja pendapat yang menyatakan demikian, karena pengacara telah sangat disibukkan dengan banyaknya pekerjaan yang berhubungan dengan berkas-berkas perkara atau menjadi kuasa hukum / konsultan hukum untuk kepentingan hukum para kliennya. Dengan kata lain, pekerjaan profesi yang jauh lebih produktif dan menguntungkan ketimbang aktivitas ngeblog, misalnya membuat konsep gugatan, jawaban, replik, konklusi, menulis nota pembelaan, membuat legal opinion, memberikan konsultasi hukum, membuat makalah-makalah hukum, menjadi penasihat / konsultan hukum pada beberapa perusahaan, baca buku advokator, atau aktif dalam kegiatan sosial maupun organisasi advokat, dan lain sebagainya. Demikian juga dengan para blogger medan, tentu mempunyai kesibukan atas pekerjaannya sendiri.

Ya meskipun halnya begitu, bukan berarti para blogger medan yang berprofesi sebagai pengacara tidak diperbolehkan aktif / produktif dalam dunia ngeblog? Benar tidak? Memang benar, setiap harinya para pengacara / lawyer ini telah sibuk dengan seabrek berkas-bekas perkara, jadi kalau sempat blogging adalah patut diberikan apresiasi. Belum lagi ditambah bahwa profesi pengacara juga identik dengan banyak kegiatan di organisasi kemasyarakatan, baik komunitas di lingkup pengadilan negeri (PN), pengadilan agama (PA), pengadilan tata usaha negara (PTUN), lembaga arbitrase, organisasi advokat Indonesia, atau organisasi dan komunitas sosial, maupun forum advokat lainnya. Karena banyaknya kesibukan inilah, bisa jadi banyak pengacara yang beranggapan ngeblog itu sesuatu yang tidak penting atau ngapain sih kita produktif ngeblog yang belum tentu menghasilkan.

Begitu juga dengan para blogger medan, setiap harinya pasti telah sibuk dengan seabrek kegiatan, baik yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun dalam rangka mempererat silahturahmi / ramah tamah dengan mengunjungi komunitas-komunitas yang ada ditengah-tengah masyarakat lingkungannya. Sehingga hal ini menimbulkan kecenderungan menjadi seorang blogger medan yang tidak produktif ngeblog atau melakukan update di dunia blogging.

Memang tak dapat dipungkiri, dari sekian banyak blogger medan yang tahu dunia blogging, banyak ditemukan blogger medan yang tidak produktif ngeblog atau pasif blogging. Ya, meskipun begitu, ternyata masih banyak juga blogger medan yang doyan blogging kok, dan sangat produktif update blog nya. Tidak tanggung-tanggung, aktivitas ngeblog ini terkadang dilakukan para blogger medan sampai tengah malam, bahwa ada yang sampai begadang tidak tidur semalaman, demi satu tujuan, bagaimana caranya menaikkan trafik pengunjung ke blognya dari aktivitas blogging ataupun produktivitas ngeblog melalui rutinitas update konten-konten yang sangat beragam. Nah, mungkin blogger medan yang digambarkan tersebut diatas, sedikit banyak harus dapat menularkan kembali hasrat dan cara produktivitas ngeblognya kepada para blogger lain yang ada di nusantara, khususnya bagi blogger yang ada di Kota Medan.

Nah, tahu kah anda para sahabat kantor advokat & pengacara medan, bahwa sebenarnya ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan para blogger medan yang senantiasa produktif ngeblog atau ketika dianya telah masuk ke dalam lingkaran dunia blogger Indonesia. Oleh karena itu, pada artikel kali ini lawyer medan N. Hasudungan Silaen, SH., (pemilik blog advokat silaen & associates) akan membagikan cara dan tips serta keuntungan apa saja yang bakalan diperoleh para blogger medan yang senantiasa ngeblog produktif.

Catatan Pribadi di Dunia Maya
Setiap hari kita pasti memiliki kisah masing-masing yang langsung dialami dalam menjalankan aktivitas profesi, ada hal-hal indah dan ada juga hal-hal pahit berupa kegagalan. Beragam kisah dan pengalaman sehari-hari ini dapat dituliskan ke dalam blog, misalnya mendapatkan undian dari Bank BRI, diterima bekerja pada lembaga / perusahaan yang kredibel, atau bisa juga berjumpa dengan para celebritis yang cantik atau aktor ganteng, mendapat hadiah berupa handphone atau gadget terbaru, menemukan resep masakan terbaru, dlsb. Atau bisa juga mendapat kabar tentang lamaran pekerjaan anda ditolak, kejadian putus dengan pacar, kehilangan dompet, dlsb. Gambaran kisah-kisah inilah yang bisa anda dicatatkan / tuliskan kembali ke dalam blog, sebagai salah satu fungsi updating blogging.

Blogger medan yang hobi dan produktif ngeblog akan memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan orang-orang yang sama sekali tidak memahami dunia blogger. Salah satunya menyangkut seluruh konsep-konsep tahap per-tahap dari adanya pengalaman pribadi baik yang dituangkan dalam tulisan maupun foto-foto peristiwa terjadinya pengalaman dimaksud. Tentu saja, suatu saat apa yang telah anda tuliskan dan publikasikan dalam blog bisa menjadi kenangan teristimewa yang bisa dikenang kembali atau dilihat kemudian ketika tiba-tiba kangen. Karena pasti ada momen dimana blogger medan akan kangen kejadian tempo dulu saat sudah masuk dalam usia yang lebih tua.

Bisa juga apa yang telah termuat dalam blog menjadi hak paten pribadi atau tidak hilang sepanjang masa. Ada nasehat yang mengatakan: “menulis atau hilang”. Kalau dicermati pendapat dan nasehat tersebut, ada benarnya juga ya, jika seorang blogger medan tidak menuliskan ilmu dan pengalaman yang sudah didapatkannya, kemungkinan besar akan lupa atau hilang ditelan masa. Bisa jadi praktek dan pengalaman pribadi yang dimiliki jadi tidak pernah diulang-ulang, atau memang kategori blogger medan yang malas membuat konsep dan lebih suka memilih copy paste.

Untuk menanggulangi hal itu, dengan cara kita aktif ngeblog adalah jalan keluar yang terbaik menurut kami. Seorang blogger medan yang kaya akan konsep ilmu “text book”, ide-ide brilian, bisa mematenkan ilmunya tersebut di blog miliknya. Selain itu, tidak akan hilang dan blogger yang bersangkutan juga bisa berbagi ilmu hukum dan pengetahuan tentang suatu strategi dilapangan dengan para blogger lain. Disatu sisi, blogger medan harus terus belajar dan menambah teori ilmu ngeweb nya, disisi lain ilmu yang diperoleh ketika dibangku sekolah / kuliah yang didapatkannya sudah terikat kuat di blog yang bersangkutan. Bukankah ilmu diibaratkan seperti binatang buruan, sedangkan kegiatan menulis adalah bentuk pengikatnya agar tidak lengkang oleh waktu?

Blogger medan yang produktif ngeblog, bisa juga mendapatkan kenalan baru dan juga uang tambahan, bagaimana caranya atau tipsnya? Ya, tentu saja ngeblog harus dimaknai oleh para blogger medan sebagai salah satu cara marketing di internet. Dalam blog anda dapat di manfaatkan untuk kegiatan promosi atau menjual produk-produk hasil karya anda. Misalnya: mencantumkan gambar-gambar menarik tentang produk / barang yang anda jual, mencantumkan nomor telepon / kontak di home page atau sidebar blognya, sehingga banyak calon klien yang tahu dari internet menelpon anda untuk membeli atau memesan barang, dan banyak cara-cara produktif ngeblog lainnya dalam rangka untuk memperkenalkan apa saja termasuk nama dan diri anda melalui aktivitas blogging.

Nah, pada konteks ini peluang besar bagi sang blogger medan yang hobi dan produktif ngeblog akan sangat banyak mendapat keuntungan. Kenapa beruntung? Karena ngeblog bisa dijadikan investasi buat masa depan, termasuk memasang iklan premium atau pasang banner berbayar yang dipesan para advertising untuk dipasang di space blog anda melalui divisi jasa pasang iklan atau biro jasa pasang banner bentukan usaha sampingan anda. Jangankan cuma urusan rupiah yang bakal didapat, blogger medan yang hobi dan produktif blogging juga akan lebih cepat populer dan namanya cepat terkenal, karena selain harapan untuk mendapatkan banyak kenalan / kolega karena mengetahui secara online daftar nama anda sebagai blogger medan yang berkualitas atau bisa jgua mendapatkan rupiah dari para advertising pemasangan iklan atau banner, dan terakhir blogger medan tersebut juga dapat memberikan suatu sumbangan karya di dunia blogging Indonesia.

Tentu agar nama anda sebagai blogger medan bisa diketahui secara massal oleh para pengguna intenet, maka jalan satu-satunya adalah berusaha agar bisa selalu tampil dihalaman pertama (satu) mesin pencari (baik google, yahoo, msn, bing, yandex, baidu, dlsb). Caranya ya, anda harus belajar tentang optimasi blog melalui ilmu search engine optimization (baik seo onpage maupun seo offpage). Nah bila anda sudah mahir optimasi blog dan telah menjadi seorang berjulukan dewa seo atau pakar seo, maka keahlian anda tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan. Misalnya dengan membuka layanan jasa seo atau anda bisa mengikuti kontes seo atau lomba blog yang banyak diselenggarakan.

Simpelnya begini, setiap blogger medan pasti memiliki latar belakang dan jurusan pendidikan yang dipilih ketika dibangku sekolah / kuliah dulu. Dari jurusan ini, dianya akan mulai belajar banyak hal, baik itu teori-teori maupun praktek dilapangan. Berangkat dari sini, blogger medan yang hobi blogging dan produktif ngeblog akan konsisten dalam menuliskan ilmu atau pengetahuan yang dia dapat sehari-hari, yang dimanajemen dalam halaman blog dengan menu bertemakan tentang kami. Misalnya saja, ketika saya menjadi kuasa hukum pasangan calon bupati tapanuli tengah (tapteng) pada pilkada tapteng 2017 dalam hal mengajukan permohonan perselisihan pemilihan ke panitia pengawas pemilihan / pemilu (panwaslih / panwaslu tapteng) pada bulan November 2016 lalu, saya akan mempelajari berbagai teori hukum yang berhubungan dengan peraturan tentang hukum kepemiluan, tata cara persidangan di panwaslu / panwaslih, upaya-upaya hukum lanjutan tentang keputusan panwaslu, dlsb. Selain teori, saya juga akan mendapatkan tips dan trik tentang beracara di panwas pemilu, dlsb. Nah, agar lebih jelasnya tentang blogging yang dilakukan advokat / pengacara, silahkan membaca tulisan berikut tentang cara pengacara produktif ngeblog.

Nah, jika seandainya sahabat blog advokat silaen & associates ada yang kepingin menjadi pengacara yang hobi ngeweb dan produktif ngeblog, tentu akan menuliskan tiap ilmu yang diketahui dan didapatkannya dalam pengalaman selama menjadi pengacara. Hari ini menulis tentang surat kuasa khusus, besok menulis cara praktis menangani perkara perdata agar tidak bisa dieksepsi atau ditangkis oleh pihak lawan, dan minggu depan saya menulis cara membuat nota pembelaan yang terbaik, dlsb. Begitu seterusnya.

Jika para blogger medan sudah dalam posisi blogger produktif seperti diatas, maka hal yang harus dilakukan adalah agar tetap menjaga konsistensi produktivitas ngeblog dan juga kesehatan fisik maupun mental dan spritual. Sampai pada akhirnya, jika artikel yang ditulis sudah menjadi ratusan judul atau bahkan telah ribuan lebih, maka bisa ditindak lanjuti dengan menerbitkan menjadi buku karya cipta anda selama ngeblog.

Beranjak dari sinilah kenapa saya mengatakan bahwa blogger medan dan atau para pengacara medan agar produktif ngeblog dan aktif blogging, karena dengan produktif blogging sama nilainya dengan berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang. Sebab suatu saat nanti tulisannya bisa dibukukan, dan dia bisa mendapatkan “passive income” dari kegiatannya yang selalu produktif ngeblog. Selanjutnya, nanti anda cukup duduk manis dan berdiam di rumah sambil melanjutkan kegiatan ngeblognya. Untung-untung kalau buku yang diterbitkan bisa best seller, bisa dipastikan besok bisa membeli beragam properti dan apartemen baru dipusat kota, tanpa harus memeras otak dan keringat untuk bekerja setiap harinya.

Itulah hal-hal yang menjadi alasan dan tips / trik kenapa blogger medan harus menjadi produktif ngeblog dan kemungkinan keuntungan yang akan didapatkan dari hasil cara ngeblog yang produktif, yang mana hasilnya bisa digunakan untuk menambah pendapatan sang blogger medan dari kegiatan aktif blogging setiap harinya. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....