12 Januari 2017

Jasa Seo Branding di Kampanye Online Pemilu

Jasa seo telah dimanfaatkan sebagai branding personal maupun dalam aktivitas kampanye online pemilu/pilkada, saat ini telah menjadi kebutuhan pasca pembuatan website atau blog personal atas nama kandidat/kontestan yang ikut dalam ajang pesta demokrasi tersebut.

Jasa Seo Spesialis Branding Personal Pilkada dan Kampanye Politik Pemilu Via Online

Tidak hanya itu saja, hiruk pikuk segala aktivitas persiapan pemilu legislatif yang akan berlangsung pada tahun 2019 juga sudah mulai terasa gejolaknya, dan khusus untuk para calon kepala daerah (gubernur, bupati dan walikota) yang berencana akan ikut dalam pilkada/pemilukada 2018 telah mulai melakukan “perang spanduk kampanye” para calon kepala daerah maupun pasangan calon (paslon) pilkada dengan menyampaikan berbagai pesan moral, mental dan juga spiritual. Inti dari spanduk yang dipasang tersebut ingin setegas-tegasnya mengatakan, “pilihlah saya”, sangat ramai bertebaran di sepanjang jalan.

Khusus untuk momen ajang pemilu/pilkada sumut 2018 (pemilihan gubernur/wakil bupati sumatera utara (pilgub sumut), pemilihan bupati/wakil bupati di Kabupaten Deli Serdang, pilbup di Kab. Langkat, pilbup di Kab. Batubara, pemilihan bupati di Kab Padanglawas, pilbup Kabupaten Padanglawas Utara, pemilihan bupati/wakil bupati di Kabupaten Tapanuli Utara, pilbup di Kab Dairi dan pemilihan walikota/walikota (pilwalkot) Padangsidimpuan) tidak terlepas dari ajang perang spanduk maupun baliho yang dipasang disepanjang jalan maupun pepohonan.

Tentu saja, dalam hal merintis jalan apakah untuk menjadi seorang kepala daerah maupun calon legislatif (caleg DPR atau DPRD di tahun 2019 yang akan datang) sudah dapat dipastikan membutuhkan dana atau uang yang jumlah bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran rupiah yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya berbagai kegiatan kampanye (baik kampanye offline maupun kampanye online) dalam rangka mencari dukungan massa dan juga untuk kebutuhan personal branding agar semakin dikenal dan atau dalam rangka untuk meningkatkan elektabilitas yang bersangkutan.

Kebanyakan dari keseluruhan dana yang dikeluarkan tersebut adalah untuk kebutuhan pembuatan spanduk, kaos, baliho, stiker, kartu nama, kalender, poster, umbul-umbul dan bendera partai pendukung maupun partai pengusung. Tidak hanya itu saja, sebahagian dari dana tersebut juga disiasati membuat berbagai program “kesalehan sosial dadakan”, misalnya mensantuni anak yatim piatu, memperbaiki jalan ataupun membangunkan fasilitas umum (fasos dan fasum). Konsep yang mahal, meskipun output-nya belum tentu efektif untuk mendapatkan simpati dari masyarakat apalagi mendulang suara untuk memenangkan nama si calon/kandidat yang bersangkutan. Memang tak dapat dipungkiri, banyak orang yang mengatakan bahwa investasi mahal dalam kampanye ini sebenarnya telah sangat disadari oleh partai peserta pemilu dan juga caleg/paslon.

Pasca boomingnya penggunaan internet dan juga digitalisasi informasi, tentu banyak pengurus partai dan caleg maupun para pasangan calon (paslon) kepala daerah yang telah melakukan analisa tentang seberapa efektif penggunaan medium internet untuk sarana alternatif dalam kampanye politik (online campaign) dan personal branding nama si caleg/paslon kepala daerah.

Terjadinya pergeseran tren dunia politik yang masuk di wilayah online ini, sedikit banyaknya meneruskan tren model marketing dan branding nama perusahaan di Indonesia (corporate blogging) yang telah terlebih dahulu memilih menuju jalur online, seperti perusahaan yang bergerak di bidang perminyakan dan gas bumi, serta perusahaan telekomunikasi.

Indonesia yang jumlah pengguna internet mendekati angka 140 juta, tentu mempunyai prospek yang lebih dari cukup untuk digunakan sebagai sarana efektif, dan mungkin paling efisien, dalam mensukseskan kegiatan mencari dukungan massa dan peningkatan personal branding nama caleg/paslon kepala daerah yang akan ikut bertarung dari pemilu/pilkada.

Adanya penggunaan online personal branding, sebenarnya bukan merupakan strategi baru di dunia teknologi informasi. Para penggiat dan pemerhati dunia internet dan teknologi informasi sebenarnya telah melakukan online personal branding, bahkan banyak yang mencari nafkah hidup dari hasil kegiatan itu, misalnya membuka jasa seo. Walaupun ada sebahagian lagi yang kadang-kadang tidak sadar telah melakukan kegiatan personal branding tersebut.

Fakta menunjukkan, akhir-akhir ini banyak para programmer open source melakukan personal branding, ketika mereka mengembangkan atau memodifikasi suatu software dan mereleasenya dengan bebas (free) ke publik. Para system administrator, system analyst dan security expert, semakin meningkat personal branding-nya ketika mereka telah berhasil membuat beberapa tulisan menarik dan unik di blog mereka tentang tren terbaru di bidangnya masing-masing. Personal branding semakin cepat terbentuk karena fenomena booming-nya penggunaan layanan social networking (medsos) bagi pengguna internet.

Kembali ke masalah layanan jasa seo online personal branding yang khusus untuk para pasangan calon kepala daerah dan ataupun caleg partai politik, bahwa langkah awal yang harus dilakukan untuk memulai membangun personal branding adalah melalui berbagai sarana online, seperti:

A. KEGIATAN BLOGGING
Implementasi adanya kegiatan blogging ini haruslah memiliki situs blog dengan nama domain pribadi dan harus pula isi dengan berbagai tulisan-tulisan, misalnya tentang pandangan politik pribadi, termasuk apa yang sebenarnya yang ingin diperjuangkan sehingga memasuki jalur mengikuti pemilihan kepala daerah atau pemilu legislatif tersebut. Jangan pernah hanya menggunakan waktu luang untuk menulis di blog, akan tetapi luangkan waktu khusus dalam satu hari untuk mengisi kegiatan menulis di blog tersebut.

Blogging alias ngeblog atau ngeweb adalah salah satu cara efektif dalam kegiatan marketing di dunia maya. Ingat, bahwa suara individu lebih dipercaya daripada suara institusi atau perusahaan. Tentu saja kegiatan blogging melalui kepemilikan situs blog harus ada dukungan teknis dari tenaga ahli spesialis website, misalnya untuk menentukan penggunaan Content Managemen System (CMS) blog apakah menggunakan CMS wordpress, CMS Blogger, CMS Joomla, CMS Mywapblog, dan lain sebagainya.

Adanya pemilihan CMS, secara langsung akan mempermudah proses kinerja Search Engine Optimization (SEO) khususnya penggunaan jenis seo onpage lewat berbagai penggunaan plugin-nya. Perlu dicatat bahwa jangan sekali-sekali melakukan copy paste (copas) konten artikel dari tempat lain karena itu justru akan menghancurkan branding personal yang sedang dibangun. Namun, disamping adanya plugin seo jenis seo onpage tersebut, tentu saja harus didukung adanya penggunaan seo offpage yang akan semakin mempercepat kinerja membranding yang sedang dilakukan. Bila tetap tidak memiliki kemampuan di bidang seo ini, langkah bijak untuk segera mencari ahli seo/pakar seo dan atau memilih untuk menggunakan layanan jasa seo branding personal dan kampanye online pemilu/pilkada. Usahakan agar benar-benar mencari jasa seo yang spesialis di bidang branding personal atau jasa seo spesialis pemilu/pilkada untuk hal tersebut, atau bisa juga memakai jasa review medan. Tapi hati-hati, jangan sampai menggunakan jasa seo atau jasa review abal-abal karena nantinya akan merugikan anda.

B. KEGIATAN SOCIAL NETWORKING
Penggunaan medium friendster dan facebook adalah duo social networking yang sangat besar penggunanya dan sangat cepat pula dalam kegiatan pengumpulan massa. Indonesia sendiri tercatat sebagai salah satu negara pengguna terbesar di dunia untuk friendster dan termasuk papan atas untuk facebook.

Memang bebeberapa tahun belakangan ini, kecenderungan para pengguna internet di Indonesia telah mulai meninggalkan “mailing list” untuk sarana ajang diskusi, menyebar undangan, sharing aktifitas dan mengumpulkan orang. Pergeseran ini terjadi dikarenakan semua hal bisa dilakukan dengan berbagai aplikasi yang ada disediakan pada layanan social networking tersebut. Perlu menjadi catatan, bahwa melakukan “hard-marketing” ataupun spamming di layanan social networking dan juga aktifitas blogging adalah berbahaya dan sangat diharamkan dalam pembentukan branding yang sedang dilakukan. Jadi, penggunaan jalur “soft-marketing” dengan aktif berdiskusi dan menulis dengan logis maupun ilmiah adalah tindakan terbaik dalam personal branding diajang kepemiluan.

Kegiatan personal branding dengan menggunakan facebook bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia, misalnya fans pages atau groups. Menambahkan friends (teman) memiliki batasan, yakni hanya 5000 orang saja, jadi alihkan strategi add friends ke fans pages yang tidak memiliki batasan jumlah penggemar. Nah, apabila masih memungkinkan gunakan juga social networking yang berbasis audio, video dan gambar seperti di YouTube dan Flicker. Penggunaan YouTube dan Flicker dalam hal membranding personal sudah banyak dilakukan oleh politikus-politikus besar di dunia, misalnya Mr. Barrack Obama yang sukses melakukan online campaign dengan memanfaatkan YouTube.

Satu hal yang harus tetap diingat dan dipahami, bahwa aktivitas branding personal dan kampanye online kepemiluan ini tidak dapat dilakukan dengan cara-cara instan nan super cepat. Jadi bila ada jasa seo personal branding atau jasa seo kampanye online yang mengatakan dapat melakukannya dalam kurun waktu cepat adalah bohong dan patut dicurigai. Mengapa? Karena semua perlu waktu dan proses sehingga apa yang kita lakukan, baik perkataan/pendapat maupun karya-karya kita butuh proses waktu agar bisa diakui dan dipercaya oleh masyarakat. Saya sendiri sebagai lawyer medan yang juga giat menggunakan internet sebagai sarana untuk branding jasa pengacara, memerlukan waktu bertahun-tahun untuk membuat pengguna internet mau melirik dan membaca tulisan-tulisan yang saya publikasikan pada blog advokat-silaen-associates.blogspot.co.id. Kemudian saya juga masih memerlukan waktu beberapa tahun lagi setelah itu agar bisa membuat personal branding kepengacaraan saya terbentuk dengan baik. Sehingga saya dipercaya klien untuk bisa menjadi pengacara / advokat / konsultan hukum pada berbagai kasus/perkara yang sedang dialaminya.

Demikian tulisan kami yang membahas tentang jasa seo branding personal calog atau paslon maupun jasa seo kampanye online pemilu/pilkada, semoga ada manfaatnya. Atas perhatian dan kunjungannya ke blog jasa kantor hukum advokat & pengacara medan ini, diucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....